Image: 

 

Sering kali tanpa sengaja kita mengucek mata saat gatal atau ada sesuatu terasa mengganjal di mata. Stop kebiasaan ini, ada bahaya mengintai.

 

Mengucek mata merupakan kegiatan yang pasti semua orang pernah melakukannya. Kita mungkin melakukan hal tersebut saat kelilipan, saat mata terasa perih, kering, gatal, saat bangun tidur, saat sedang merasa cemas, stress, dan lain sebagainya. 

 

Mengucek mata dapat merangsang air mata untuk mengalir dan melumasi mata yang kering, menghilangkan debu, dan kotoran lainnya. Selain itu mengucek mata juga dapat mengurangi stres, karena pada saat menekan bola mata ke bawah, saraf vagus menjadi terangsang sehingga memberikan efek memperlambat detak jantung. Hal ini dikenal dengan sebutan oculocardiac refleks. Tapi hati-hati, jangan terlalu keras mengucek mata Anda, karena menggosok mata terlalu keras dapat menyebabkan trauma ringan pada mata, dan dapat memicu terjadinya perdarahan. 

 

Awas, Perdarahan

Mata kita dilapisi oleh konjungtiva, yaitu lapisan terluar yang melindungi sklera (konjungtiva bulbi) dan konjungtiva palpebra (bagian dalam). Keduanya bersifat basah dan tipis. Konjungtiva banyak terdapat saraf dan pembuluh darah kecil yang rapuh, yang rentan pecah dan mengakibatkan perdarahan subkonjungtiva (lapisan di bawah konjungtiva). Perdarahan dapat bersifat spontan, akibat benturan, atau infeksi. Nah, inilah sebabnya mengapa kita tidak boleh mengucek mata terlalu keras.

 

Bahaya di Balik Mengucek Mata

Selain menyebabkan perdarahan pada lapisan subkonjungtiva, mengucek mata juga ‘menyimpan’ bahaya lainnya. Apa saja?

 

  • Menyebabkan iritasi pada mata.
  • Memperburuk penglihatan pada penderita rabun jauh (miopia).
  • Memberi efek tekanan pada mata 10 kali lipat.
  • Menyebabkan kerusakan saraf.
  • Memicu glaukoma, akibat tekanan tangan saat mengucek.
  • Meningkatkan risiko infeksi.
  • Mengucek mata terlampau keras juga menyebabkan penipisan kornea mata.
  • Menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di seputaran mata.
  • Mata bintitan, akibat masuknya kuman ke dalam mata karena tangan yang tidak higienis.

 

Mengucek Mata? No way!

 

Begitu banyak efek negatif akibat mengucek mata, ayo tinggalkan kebiasaan buruk ini. Berikut tip agar mata Anda tidak perlu dikucek lagi…

 

  • Hilangkan kebiasaan mengucek mata saat bangun tidur atau kelilipan. 
  • Saat mata terasa lelah dan kering, segera atasi dengan Insto Dry Eyes. Kalau mata terasa gatal atau terlihat merah akibat iritasi, segera atasi dengan Insto Regular.Gunakan selalu tetes mata yang berkualitas dan terpercaya.

 

 

  • Biasakan posisi tidur terlentang, karena tidur dengan posisi wajah menempel pada bantal dapat mengakibatkan tekanan pada mata.

Tidur merupakan salah satu metode untuk membuat mata kita beristirahat.

 

  • Jika pekerjaan Anda mengharuskan di depan monitor, istirahatkan secara berkala. Pantulan layar monitor menjadi salah satu pemicu mata lelah, yang memancing Anda untuk mengucek mata.

 

 

Referensi:

http://halosehat.com/tips-kesehatan/mata/cara-menjaga-kesehatan-mata

http://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/11-bahaya-mengucek-mata-dengan-tangan

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/subconjunctival-hemorrhage/manage/ptc-20231525

Related