Image: 
Kesehatan Mata Tetap Terjaga, Makin Bebas Beraktivitas

Mata merupakan bagian penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Menangkap momen-momen terbaik serta melihat kejadian, situasi dan orang-orang yang menemani merupakan fungsi mata yang membuat kehidupan menjadi lebih berwarna.

Mata melakukan tugas tunggal untuk menangkap cahaya yang dihubungkan ke neuron sebagai pengirim dan penerjemah pesan ke otak sebagai gambar visual. Untuk terus menikmati apa yang ada di sekelilingmu, maka sangat penting untuk melakukan perawatan dan menjaga kesehatan mata.

Beberapa langkah perbaikan dan pencegahan sederhana perlu diterapkan untuk mempertahankan pengelihatan yang baik dan menikmati hidup.

1. Konsumsi Wortel

Konon saat Perang Dunia ke-2, Royal Air Force Inggris menceritakan kisah bagaimana pilot pesawat tempur bernama John ‘Cat Eyes’ Cunningham melakukan diet stabil dengan mengkonsumsi wortel yang juga membantunya melihat dalam keadaan gelap saat terbang di malam hari. Kisah John tersebut memicu keyakinan bahwa wortel dapat menjadi solusi masalah penglihatan. Meski hanya cerita lama, wortel yang mengandung beta-karoten akan berubah menjadi vitamin A saat dikonsumsi sebagai asupan penting untuk menjaga kesehatan mata.

2. Perbanyak Asupan Vitamin A, C, E, dan Zinc

Jika tidak suka mengkonsumsi wortel, kamu bisa mengkonsumsi vitamin bisa menjadi alternatif lain untuk memperlambat penuaan pada mata terutama untuk katarak dan degenerasi makula yang umum terjadi saat menginjak usia senja. Para ahli percaya bahwa Vitamin A, C, E, dan Zinc terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

3. Melatih Otot Mata

Dengan melatih otot-otot mata dapat membantu memperkuat gerakan mata dan sirkulasi darah. Tentu hal ini tidak secara instan dapat meningkatkan penglihatan mata. Setidaknya, terapi ini dapat mengurangi kelelahan pada mata serta membantu kinerja mata lebih baik.

4. Gunakan Kacamata Hitam Dengan Perlindungan UV

Sinar UV dari paparan sinar matahari dapat membahayakan matamu. Penyakit umum yang disebabkan oleh sinar UV adalah katarak dan degenerasi makula atau pterygium (jaringan pada bagian mata yang berwarna putih tumbuh ke dalam kornea).

5. Melihatlah dengan pencahayaan yang optimal

Hal ini merupakan pengetahuan umum yang seringkali masih diabaikan. Seperti contoh saat membaca di ruangan yang gelap dapat membuat mata menjadi cepat lelah atau terlalu terang terutama sinar matahari berlebihan dapat merusak jaringan mata dan mempercepat kerusakannya. Buatlah cahaya yang sesuai dan nyaman untuk mata dengan menutup tirai seperlunya di siang hari dan lampu dengan kapasitas cahaya yang cukup di malam hari.

Pentingnya menjaga kesehatan mata perlu diperhatikan mengingat mata merupakan bagian penting untuk kelancaran aktivitas sehari-hari. Selain beberapa kiat di atas, kamu juga perlu menjaga mata dari iritasi dengan tetes mata. Insto, merupakan tetes mata yang efektif mengobati iritasi pada mata. Iritasi akan menjadi problem besar jika tidak segera ditangani. Kemasan Insto yang pas di kantong dan praktis dapat dibawa ke manapun kamu pergi, sehingga tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu mengalami iritasi. Cukup teteskan 1-2 pada setiap mata, kamu dapat kembali beraktivitas dengan lancar dengan kesegaran mata yang baru.

Quick fact

Sama halnya dengan uban yang hadir di usia tua, setiap orang juga akan mengalami katarak ketika menua, terutama di usia 70 dan 80 tahun.

Related