Image: 

 

Sesekali keluar dari kebiasaan itu seru. Misalnya saja memutuskan bepergian ala backpacker.

 

Otak manusia butuh relaksasi. Salah satu cara adalah mengistirahatkan badan dan pikiran dari rutinitas dengan berlibur. Liburan memberi kesenangan. Ini sesuai dengan teori anticipal pleasureyang dikemukakan ekonom William Stanley Jevons bahwa kenikmatan liburan sudah dapat dirasakan sejak kita merencanakannya. Kepuasan semakin terasa menjelang harinya tiba, dan mencapaipuncak di hari pertama liburan.

Bila Kamu ingin liburan yang berbeda, tak ada salahnya mencoba liburan ala backpacker. Sisi berbeda liburan ini antara lain Kamu bisa suka-suka alias mandiri, menentukan tempat mana saja yang ingin Kamu kunjungi tanpa dibatasi waktu. Termasuk juga menentukan di mana Kamu menginap dan makan.

Agar liburan ala backpackerberjalan mulus, perhatikan catatan berikut ini:

  • Kemana tujuan Kamu

Buat list kecil, tempat mana saja yang ingin dituju. Urutkan sesuai prioritas tujuan.

 

  • Riset tempat tujuan

Browsingdan cari tahu lebih detil mengenai harga tiket, moda transportasi yang bisa Kamu gunakan, penginapan, kuliner khas, bahasa yang digunakan, dan wisata yang seru di sana. 

 

  • Hitung budget

Coba hitung kisaran biaya di atas dengan budget yang Kamu punya. Jangan lupa, lebihkan untuk biaya tak terduga. Jangan sampai liburan Kamu justru menyengsarakan.

 

  • Pack smart

Ingat, Kamu tidak sedang membawa koper besar. Sesuaikan barang bawaan dengan backpack. Bawalah pakaian secukupnya, perlengkapan mandi, uang, telepon genggam, kamera, obat-obatan pribadi dan paspor (jika destinasi ke luar negeri). Praktis dan mudah dikemas.

 

  • Kotak obat

Jika perlu sebelum pergi tanyakan kepada dokter apakah Kamu perlu melakukan vaksinasi tertentu. Jangan lupa bawa vitamin dan obat-obatan yang biasa Kamu konsumsi; obat sakit perut, tetes mata, dan lain-lain. Jangan lupa membawa hand sanitizersebagai pengganti cuci tangan. Kuman ada di mana-mana, pastikan tangan selalu bersih, terutama saat makan.

 

  • Siapkan fisik Kamu

Olahraga secara teratur memang sudah seharusnya dilakukan. Namun jika liburan ala backpackerpilihan Kamu, maka lakukan persiapan fisik lebih. Misalnya, jalan pagi lebih banyak lagi, latihan beban, dan sebagainya.

 

  • Pastikan alas kaki nyaman

Kenakan sepatu nyaman saat bepergian. Jangan coba-coba mengenakan sepatu yang baru karena berisiko lecet, sebaiknya pilih sepatu yang nyaman dikenakan. Tidak terlalu sempit atau kebesaran.

 

  • Menjawab tantangan

Travellingtanpa tantangan kurang mengasyikkan. Ayo pacu sedikit adrenalin Kamu dengan melakukan hal yang tak biasa, misalnya trekking, mengunjungi situs bersejarah, atau mencoba kuliner serba baru dan ekstrim. 

 

  • Payung asuransi

Lindungi diri Kamu dengan asuransi, agar di mana pun berada ada jaminan memayungi diri Kamu.

 

Backpackermasa kini bukan lagi pelancong yang sekadar menghemat biaya, namun menjadi tren bagi mereka yang ingin menjajaki pengalaman baru. Backpackerera modern kini melengkapi diri dengan gadgetcanggih serta GPS.

 

Liburan harus memberi manfaat kesehatan jasmani dan rohani. Ayo, lupakan dulu semua pekerjaan. Jika perlu matikan telepon genggam Kamu. Nikmati suasana liburan. Tapi ingat, tetap jaga kesehatan, agar Kamu dapat menikmati liburan dengan maksimal.

 

Selamat berlibur.

 

 

Referensi:

Lifestyle.liputan6.com/read/2250804/6-hal-wajib-dipersiapkan-untuk-liburan-ala-backpacker

http://www.alodokter.com/butuh-piknik-jangan-ditunda-cuti-sekarang

 

Related