Image: 
Mata Tetap Sehat Saat Mudik Tiba

Mudik atau mulih dilik adalah kegiatan rutin yang wajib dilakukan menjelang hari raya atau liburan panjang. Bertemu sanak saudara dan temu kangen orang-orang tercinta di kampung halaman sambil bernostalgia menjadi momen yang indah dan untuk dikenang. Mudik dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan kereta api, mobil, bus, pesawat, ataupun kapal laut, bahkan sepeda motor - meskipun mudik dengan sepeda motor tidak dianjurkan.

Saat mudik, tentu kamu akan membawa perlengkapan yang tidak sedikit dan beberapa buah tangan sebagai oleh-oleh. Terlebih jika menempuh perjalanan yang sangat jauh hingga memakan waktu berhari-hari. Ada baiknya bila kamu juga mempersiapkan beberapa list barang di bawah ini demi kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan mudik nanti:

1.Obat anti-mabuk

Penting untuk membawa pil anti mabuk saat bepergian baik perjalanan darat, laut, maupun udara. Sebagai bentuk antisipasi, sebaiknya kamu menyiapkan 1 papan tablet anti mabuk.

2.Aroma terapi

Jika kamu sulit atau tidak dapat mengkonsumsi obat, bawalah minyak aroma terapi untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan seperti masuk angin, mual dan pusing.

3.Plester luka

Untuk berjaga-jaga, selalu sediakan plester luka di dalam medical box. Plester luka penting untuk melindungi luka dari infeksi.

4.Minyak gosok/minyak kayu putih

Minyak gosok akan sangat diperlukan saat kamu merasa ingin muntah, mual dan mulas. Perjalanan panjang membuat kamu harus bertahan dengan posisi duduk yang cukup lama hingga menemukan posisi yang tepat.

5.Tetes mata

Obat tetes mata atau pelembap mata wajib ada di dalam medical box. Tanpa disadari, saat melakukan perjalanan mudik akan banyak debu, polusi serta partikel kecil lainnya yang masuk ke dalam mata. Belum lagi dengan udara AC di dalam kendaraan yang menyebabkan mata menjadi kering. Bila mata kamu kering, gunakan Insto Moist yang mengandung bahan aktif Hydroxypropyl Methylcellulose, untuk menghilangkan kekeringan pada mata sehingga kamu terhindar dari iritasi mata. Insto sangat cocok untuk menemani perjalanan panjangmu.

Selain beberapa penunjang kenyamanan di atas, pastikan kamu memilih maskapai atau biro perjalanan yang memiliki lisensi resmi untuk memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Selamat mudik :)

Quick fact

Kebiasaan merokok akan mengurangi penglihatan pada malam hari

Related