Image: 

Iritasi pada mata dapat disebabkan banyak hal seperti lingkungan yang kurang bersih, aktivitas yang begitu padat, kebiasaan membaca buku dan menatap layar komputer secara berlebihan. Di abad ke-20, media sosial dan elektronik sudah menjadi sahabat karib segala jenjang usia. Tidak mengherankan jika semakin banyak pula penyakit yang bermunculan. Salah satunya, gangguan pada mata.

Mata memliki sensitivitas yang sangat rentan tertular penyakit dari luar meski tanpa bersentuhan langsung. Hampir sebagian besar aktivitas dipengaruhi oleh kinerja mata. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk mata sebelum terjadi dampak yang berkepanjangan.

Hindari terlalu lama berada di depan layar komputer

Terlalu sering berada di depan komputer tidak hanya menyebabkan gangguan mata, tetapi juga efek samping ringan yang mengganggu seperti mata lelah, pandangan kabur, mata kering, sakit kepala, leher, punggung dan nyeri bahu. Biasakan untuk mengalih akan pandangan setiap 20 menit sekali selama 20 detik dengan jarak pandangan minimal 20 kaki (6 meter).

 

Konsumsi makanan bernutrisi dan bervitamin

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk mencegah gangguan mata kering seperti omega 3 dan maqui berry. Makanan tersebut dapat membantu meningkatkan produksi air mata, membantu menjaga stabilitas air mata, dan juga membantu mencegah peradangan.

 

Kunjungi dokter mata secara berkala

Lakukanlah pemeriksaan mata secara berkala, ceritakan riwayat kesehatan pribadi dan lakukan tes penglihatan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan terkini mata kamu. Jika terjadi kekeringan pada mata yang berkepanjangan dan iritasi yang berat pada mata, konsultasikan kesehatan mata kamu ke dokter spesialis mata ya.

 

Melakukan pencegahan salah satunya adalah dengan memberikan perlakuan khusus untuk menghindari dampak yang berkepanjangan. Selain melakukan 3 hal di atas, masih banyak lagi faktor yang harus diperhatikan seperti kondisi kebersihan lingkungan yang sering kamu lalui dan kebiasaan sehari-hari.

Salah satu solusi praktis untuk mengatasi mata kering dan meringankan gejala iritasi mata adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Insto pereda mata merah menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena reaksinya yang begitu cepat mengatasi gangguan mata. Kemasan yang praktis dan ekonomis tidak memakan banyak tempat di kantong kamu.

Quick fact

Memeriksakan mata selama 6 bulan sekali dapat mengurangi risiko kerusakan mata saat usia senja.

Related