Image: 
Miliki Mata Segar Sepanjang Hari

Menurut survey WHO, lebih dari 285 juta orang menderita gangguan penglihatan. Dalam kasus ini, sekitar 80% di antaranya seharusnya bisa dihindari atau disembuhkan. Aktivitas sepanjang hari membuat mata harus tetap fit agar bekerja lebih optimal. Kabar baiknya, tidak sulit untuk menjaga kesehatan mata jika kamu mulai memperhatikan kebutuhannya.

Untuk melancarkan aktivitas, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan:

1. Konsumsi makanan sehat untuk mata

Perlindungan terhadap mata dimulai dari makanan yang kita makan sehari-hari. Nutrisi yang mengandung asam lemak omega 3, dan antioksidan: lutein, zinc, vitamin C serta vitamin E dapat membantu permasalahan yang ditimbulkan akibat gangguan penuaan pada penglihatan, seperti: degenerasi makula dan katarak. Beberapa contoh makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata :

- Sayuran / daun-daunan hijau seperti bayam, dan kubis

- Salmon, tuna, dan ikan lainnya

- Telur, kacang-bacangan, buncis, dan sumber protein nabati lainnya

- Jeruk dan buah-buahan sejenis lainnya

- Konsumsi makanan dengan diet seimbang membantu menjaga berat badan ideal, mengurangi risiko diabetes yang merupakan penyebab utama kebutaan .

2. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko untuk menderita katarak, kerusakan saraf penglihatan dan degenerasi makula. Jika masih sering gagal untuk mencoba berhenti merokok, jangan pernah putus asa! Semakin sering mencoba untuk berhenti merokok maka akan semakin besar peluang keberhasilan berhenti merokok.

3. Gunakan kacamata saat bepergian

Kacamata hitam dapat membantu mata terlindung dari radiasi sinar UV. Semakin sering paparan sinar matahari ke mata, maka akan semakin besar pula risiko menderita katarak dan degenerasi makula. Gunakan kacamata hitam yang dapat menghambat 99-100% radiasi UVA dan UVB.

4. Gunakan kacamata pelindung

Jika bekerja dengan risiko polusi atau bahaya yang dapat menyerang mata, seperti (atlet renang, pekerja kebersihan, pekerja laboratorium kimia, dll) gunakanlah pelindung mata untuk menghindarkan mata dari partikel atau benda-benda yang dapat membahayakan mata.

5. Jangan terlalu lama menatap layar komputer

Terlalu lama menatap layar komputer dapat mengakibatkan : mata lelah, pandangan kabur, gangguan fokus jarak jauh, mata kering, sakit kepala, nyeri bahu, leher dan punggung.

Untuk mencegah hal tersebut, lakukan lanngkah sebagai berikut :

- Pastikan kacamata atau lensa kontak sesuai ukurannya

- Posisikan layar komputer, sedemikian rupa sehingga posisi mata berada sejajar dengan tepi atas layar.

- Gunakan layar anti-silau untuk meredam radiasi cahaya dari layar komputer

- Gunakan kursi yang nyaman. Posisikan kursi sedemikian rupa sehingga kakimu sejajar dengan lantai.

- Jika mata terasa kering, berkediplah.

- Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan memandang sejauh 20 kaki (6-7 meter) selama 20 detik. Setiap sedikitnya 2 jam, beristirahatlah selama 15 menit untuk berolahraga kecil.

6. Pemeriksaan mata

Periksakanlah kesehatan mata secara teratur ke dokter mata. Selain untuk menjaga kesehatan mata, pemeriksaan rutin berguna untuk menemukan sedini mungkin penyakit-penyakit mata lain yang tidak bergejala sehinga semakin mudah untuk diobati.

7. Sediakan tetes mata setiap saat
Tetes mata juga menjadi salah satu alternatif untuk melindungi mata serta menjaga kadar kelembapannya. Sejak dulu, masyarakat Indonesia mempercayakan Insto sebagai tetes mata yang praktis digunakan kapanpun dan di manapun.

Tidak sulit kan untuk melakukan pencegahan gangguan mata sejak dini? Hanya perlu disiplin tinggi dan pengetahuan akan informasi yang tepat agar lebih cakap menanggulanginya.

Quick fact

Senam mata 20-20-20. Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat kejauhan sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Related