Image: 

Situs Wajib Manga Online

 

Bagi para penggemar manga alias komik Jepang, menemukan situs penyedia manga yang lengkap layaknya menemukan sebuah ‘harta karun’.

 

Membaca komik merupakan hobi yang banyak digemari oleh anak-anak hingga dewasa. Bukan hanya alur ceritanya saja yang membuat pembaca jadi ‘ketagihan’, manun ilustrasinya yang unik juga seakan mengajak kita untuk masuk ke dunia imajinasi penciptanya. Ada banyak jenis komik yang ada di dunia, misalnya komik superhero ala Marvel dan DC, komik kerajaan atau fantasi seperti Disney, ada juga komik Jepang atau manga dengan cerita serta gaya ilustrasinya yang khas.

 

Situs seru baca manga

Saat ini, manga semakin banyak penggemarnya, terutama di kalangan generasi milenial. Ribuan judul manga dapat kita temukan di internet yang dimuat dalam situs-situs khusus penggemar manga. Buat kamu yang suka banget membaca manga dan ingin mendapatkan pilihan judul manga baru yang beragam dan free, berikut adalah beberapa situs yang wajib ditengok:

 

1. komikid.com

Situs manga satu ini menyediakan ratusan judul manga scan atau scanlation (sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia). Bentuk situsnya sederhana dan mudah dipergunakan. Kita dapat mencari manga berdasarkan kategorinya seperti action, comedy, fantasy, horror dan lainnya. Jika ingin melihat judul terbaru, langsung saja masuk ke pilihan latest release.  

 

2. mangaku.in

Sebenarnya situs manga yang satu ini cukup populer di kalangan pecinta manga di Indonesia. Begitu banyak pilihan manga yang bisa kita baca dan ikuti serialnya, namun sayangnya, desain situs yang kurang clean dan banyaknya iklan berseliweran cukup mengganggu mata. Tetap waspada, karena beberapa iklan mengandung konten dewasa.

 

3. mangakita.net

Ini adalah situs manga dengan desain yang enak dilihat karena clean. Manga yang ada di sini sudah dialihbahasakan ke dalam dalam Bahasa Indonesia. Dari jejeran judul manga yang ada di daftar isi, terselip beberapa manhwa atau komik Korea. Hati-hati terhadap jebakan iklan, jangan sampai terpancing untuk meng-klik-nya karena akan ‘melempar’ kita ke luar laman situs.

 

4. komikstation.com

Didominasi dengan warna oranye yang segar, situs manga satu ini memang dibuat bagi para pecinta manga di Indonesia. Ada ratusan judul manga yang disajikan sudah dialihbahasakan sehingga kita mudah membacanya. Kita bisa memilih judul maupun genre manga sesuai keinginan. Ada juga beberapa manga yang merupakan ‘project’ baru karena masih berstatus: ongoing.

 

5. komikindo.web.id

Situs ini pun menawarkan berbagai manga yang sudah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia. Desain situsnya sederhana, begitu masuk sudah disajikan navigasi untuk memilih manga berdasarkan genre, serta deretan manga yang terpopuler hari itu. Hanya saja sayangnya, beberapa iklan memiliki konten dewasa sehingga sebaiknya tidak diperkenalkan untuk anak di bawah umur.

 

Jika saat membuka situs penyedia manga ini gawai menjadi lambat atau loading-nya lama, kemungkinan besar karena gawai kamu sudah lama tidak di-update. Untuk kenyamanan membaca, pasikan bahwa gawai kita memiliki OS terbaru dengan RAM yang memadai.

 

Menghindari mata kering

Ketika kita membaca, menatap layar komputer atau beraktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual lainnya, mata cenderung akan lebih jarang berkedip. Hal ini menyebabkan air mata cepat menguap dan kelenjar air mata tak berproduksi secara cepat. Waspadai gejala mata kering sebagai berikut:

·         Terasa perih

·         Sensitif terhadap cahaya

·         Ada rasa kesat atau berpasir di dalam mata

·         Bola mata terasa panas, menyengat, atau gatal

·         Merasa ada sesuatu yang ‘menyangkut’ di mata

·         Mata terlihat kemerahan

·         Mata berair, berlendir, serta penglihatan kabur

 

Jadi, kalau sedang asyik membaca manga di layar gawai, jangan lupa untuk sering mengedipkan mata agar mata tidak kering, ya. Untuk hasil yang optimal, gunakan juga tetes mata Insto Dry Eyes yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi kekeringan pada mata. Selain sebagai pelumas, tetes mata ini juga dapat mencegah berkembangnya bakteri di mata. Cukup teteskan pada mata jika mulai terasa gatal atau kering.

 

Referensi:

Related