Image: 

Tip Solo Traveling bagi Pemula

 

Ketika jenuh melanda, rasanya ingin meninggalkan kesibukan sejenak dan berlibur. Namun sayangnya, tak ada yang bisa diajak berlibur bersama. Solo traveling adalah jawabannya!

 

Begitu mendengar istilah ‘solo traveling’, banyak yang mengernyitkan kening karena merasa tak sanggup melakukannya. Kekhawatiran yang muncul biasanya seputar keamanan, takut sepi atau tak ada teman yang diajak berdiskusi, atau kemungkinan tersesat di tempat tujuan. Padahal dengan memerhatikan tipnya, solo traveling justru bisa mengasyikan.

 

Beberapa tip agar solo traveling menyenangkan

Tertarik untuk mencoba solo traveling? Yuk kita ikuti tipnya agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan bebas dari rasa khawatir.

 

1. Kumpulkan berbagai info tentang lokasi tujuan

Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi tujuan berlibur. Terutama jika kita melakukan perjalanan ke negara lain. Cek harga tiket pesawat/kereta api/transportasi lainnya, akomodasi, proses mendapatkan visa (jika dibutuhkan), budaya setempat, jam operasional untuk transportasi umum, dan lain sebagainya.

 

2. Membuat rencana pengeluaran dan jadwal perjalanan

Solo traveling membuat kita perlu merencanakan pengeluaran serta jadwal perjalanan sebaik-baiknya. Karena akan berpergian sendiri, ada baiknya untuk membuat sebuah anggaran dan rencana perjalanan yang matang. Caranya adalah dengan membuat jadwal perjalanan sehari-hari (itinerary) lalu kita kalkulasikan pengeluarannya, mulai dari penginapan, makan, tiket transportasi, tiket lokasi wisata dan lain sebagainya.

 

Jangan lupa dana untuk pengeluargan tak terduga jika ada hal-hal yang terjadi di luar prediksi atau kita ingin melakukan sesuatu di luar jadwal. Berhematlah dengan membawa botol air minum dan tak lupa untuk mengisinya di dispenser yang biasanya disediakan oleh penginapan.

 

3. Menyimpan uang dan dokumen dengan baik

Kewaspadaan sangatlah diperlukan saat kita melakukan solo traveling karena kejahatan ada di mana-mana. Sebelum berangkat, foto atau scan paspor, KTP, dan dokumen penting lainnya sebagai back up seandainya tas kita hilang. Simpan uang dan kartu ATM tidak di satu tempat, apalagi di dompet, karena dompet adalah benda yang sering jadi incaran pencopet. Taruh uang dan kartu atm di beberapa tempat seperti saku dalam tas atau kaus kaki. Selain sebagai dana cadangan, juga untuk membagi uang agar tidak cepat habis.

 

4. Mencetak peta lokasi tujuan atau mengunduhnya

Peta adalah panduan yang sangat penting saat kita akan melakukan perjalanan. Bersamaan waktunya dengan membuat jadwal perjalanan, cetaklah peta tempat tujuan yang mudah dibaca. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kita juga bisa mengunduhnya di handphone, sehingga saat tidak ada sinyal, kita tidak akan kehilangan arah. Cari tahu juga jalur transportasi menuju lokasi kunjungan wisata.

 

5. Membawa obat-obatan pribadi

Ini wajib hukumnya saat bepergian. Lebih baik sedikit repot, daripada kita malah sakit dan akhirnya tak bisa menikmati perjalanan, kan? Jangan lupa membawa beberapa obat umum seperti obat sakit kepala, obat mabuk perjalanan dan kelengkapan P3K. Sertakan  Tetes Mata Insto Regular yang mampu mengatasi kemerahan dan rasa perih di mata yang disebabkan oleh  iritasi ringan karena debu, asap, angin, dan setelah berenang.

 

Kelebihan melakukan solo traveling

Buat yang sering melakukan perjalanan, pasti setidaknya pernah sekali melakukan solo traveling. Kelebihan utama dari solo traveling adalah kita bebas membuat rencana sendiri dan tak harus melakukan kompromi dengan teman seperjalanan. Artinya, kita bisa lebih bebas menentukan mau apa, ke mana dan mengerjakan apa selama liburan berlangsung.

 

Manfaatkanlah sebaik-baiknya momen ‘kesendirian’ tersebut, dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Contohnya:

  • Mencoba aktivitas baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, misalnya parasailing atau naik jet ski.
  • Berkenalan dengan orang-orang di tempat yang dikunjungi, serta belajar budaya yang mereka miliki.
  • Menghabiskan waktu dengan menikmati pijat di spa atau duduk-duduk di pantai sambil membaca buku favorit.
  • Puas berlama-lama di tempat favorit yang selalu dikunjungi ke manapun kita pergi, misalnya daerah area pusat perbelanjaan atau lokasi wisata yang memiliki pemandangan indah.

 

Selamat bereksplorasi!

 

Referensi:

Related