Image: 
3 Mitos Tentang Kesehatan Mata

Mitos seringkali terbukti kebenarannya namun bisa juga sebaliknya. Adanya mitos kerap mengundang persepsi berbeda dari tiap-tiap orang. Berkaitan dengan kesehatan mata, yuk bedakan antara mitos dan fakta yang benar:

1. Mitos: Duduk Terlalu Dekat TV Akan Merusak Mata Anda

Sejak kecil, sebagian besar dari kita tentu pernah mendapat teguran saat menonton TV terlalu dekat karena akan merusak mata.

Fakta: Sebenarnya, menonton TV atau layar elektronik lainnya tidak akan merusak mata, namun menyebabkan mata lelah. Cukup dengan mengistirahatkan mata sejenak, kamu dapat mengoptimalkan kembali kinerja mata.

2. Mitos: Membaca Di Ruangan Yang Redup Memperburuk Penglihatan

Membaca di dalam ruangan yang gelap tentu akan mengganggu aktivitas membaca. Namun terlalu banyak sinar juga mempengaruhi kenyamananmu.
Fakta: Membaca dengan lampu yang redup tentu tidak merusak matamu. Di zaman dahulu, orang-orang bahkan menggunakan penerangan seadanya seperti lilin dan lampu gas. Namun dengan cahaya redup maka mata akan cepat lelah dan membaca menjadi lebih sulit. Yang pasti, sesuaikan jarak pandangmu dan pilih cahaya yang nyaman di mata.

3. Mitos: Pemanis Buatan Membuat Mata Lebih Sensitif Terhadap Cahaya?

Fakta: Bukan mitos, ini fakta. Jika kamu mengkonsumsi pemanis buatan berlebih seperti siklamat, matamu akan lebih sensitif terhadap cahaya. Tidak hanya itu, antibiotik, kontrasepsi oral, obat tekanan darah tinggi, diuretik, serta obat-obat diabetes juga menjadi pemicu hal tersebut.

Ada beberapa mitos yang bisa dipercaya namun ada juga yang tidak terbukti  kebenarannya. Oleh sebab itu, kamu harus lebih teliti dan selektif saat mendengar beberapa mitos yang berkaitan dengan kesehatan. Terkadang hal yang tidak disangka-sangka dan tidak masuk akal justru menjadi pemicu timbulnya masalah. Untuk itu, ada baiknya jika kamu melakukan pencegahan sejak dini untuk menghindari dampak yang berkepanjangan.

Fakta lainnya : Tetes mata Insto sudah terkenal di Indonesia berkat khasiatnya yang efektif mengatasi mata iritasi oleh sebab itu hingga kini masih menjadi sahabat masyarakat Indonesia yang rentan terkena debu dan asap polusi. Cukup dengan meneteskan 1-2 kali pada setiap bagian mata, mata iritasi bukan menjadi penghalang untuk melanjutkan aktivitasmu.

Quick fact

Sebagian orang terlahir dengan bola mata kiri dan kanan yang berbeda warna yang disebut heterochromia

Related