Image: 

Hampir sebagian besar aktivitas yang dilakukan melibatkan kinerja mata. Sayangnya, mata yang terlalu diforsir juga dapat menurunkan kinerjanya. Sederet aktivitas yang tidak bisa ditunda menjadi penyebab utama timbulnya penyakit mata. Tak jarang, mata terkena iritasi dan memerah sehingga menghambat kinerja dan mempengaruhi kepercayaan diri di depan umum.

Untuk mencegah timbulnya penyakit baru, berikut ini 5 hal yang harus dihindari dalam aktivitas keseharian kamu.

1. Menatap layar handphone dan laptop terlalu sering

Di era informasi yang melibatkan keunggulan jaringan internet kini menjadi hal yang digandrungi oleh sebagian besar anak muda. Tidak salah jika terus mengikuti perkembangan terkini dari berbagai belahan dunia. Namun, jangan terlalu sering untuk meluangkan waktu berjam-jam di depan layar monitor ataupun telepon genggam.

Blue light yang dipancarkan oleh layar komputer dan telepon genggam dapat mengakibatkan kerusakan retina dan degenerasi makula. Terlalu konsentrasi menatap layar monitor juga dapat mengakibatkan mata lelah dan kurang berkedip sehingga mengakibatkan kekeringan pada mata.

 

2. Berkendara tanpa pelindung mata

Alasan disediakannya pelindung kaca pada helm jelas untuk melindungi mata dari pertikel kecil dan debu yang menyebabkan mata kemerahan dan iritasi. Hal tersebut sering kali diabaikan oleh masyarakat Indonesia yang cenderung ingin tampil fashionable daripada memperhatikan keselamatan. Jika demikian, kacamata hitam bisa menjadi salah satu alternatif bila kamu tetap ingin tampil fashionable.

 

3. Merokok

Kebiasaan merokok memang sangat sulit untuk dihentikan. Namun ada baiknya jika kamu memulainya sedikit demi sedikit dengan mengurangi kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan permen mint. Merokok tanpa diasadari lambat laun akan menimbulkan degenerasi makula serta penyakit katarak. Mengerikan bukan?

 

4. Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan

Selain menyebabkan diabetes, kadar gula berlebih juga memengaruhi penglihatan kamu di masa tua. Penyakit diabetes (kencing manis) akan memengaruhi kinerja bagian tubuh lainnya, salah satunya mata. Untuk itu sangat penting menjaga asupan kadar gula untuk mencegah timbulnya penyakit mata seperti katarak dan kerusakan retina (retinopati diabetes).

 

5. Mengusap mata terlalu sering

Hal yang cukup sepele namun seringkali dilakukan adalah mengusap dan menggosok mata gatal. Hal tersebut justru akan memperburuk keadaaan. Ada baiknya saat mata terasa gatal, cukup kedipkan beberapa kali dan usap dengan air mengalir. Kurangi pemakaian riasan mata agar tidak terjadi gesekan kuat saat hendak membersihkannya. Kompres dengan air dingin untuk membuat mata lebih segar dan seringlah mencuci tangan untuk meghindari kuman yang masuk.

 

Dengan memperhatikan 5 hal penyebab di atas, kamu tidak perlu lagi melakukan pengobatan yang membutuhkan biaya yang mahal. Selain melakukan pencegahan, bawalah selalu tetes mata Insto ke manapun yang dapat digunakan di setiap kesempatan. Kemasan yang mungil tidak akan mengganggu penampilan kamu dan membuat risih akibat iritasi mata saat beraktivitas.

Quick fact

Air mata dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam mata

Related