Image: 

Bepergian adalah saat-saat yang menyenangkan dan dapat membuat pikiran jadi rileks. Saking antusiasnya, kadang kita melupakan beberapa hal berikut saat berkemas.

 

Ketika tubuh mulai terasa penat dan pikiran juga sering ‘buntu’, tandanya, kamu sudah butuh berlibur! Liburan merupakan cara ampuh untuk mengurangi stres dalam kegiatan sehari-hari. Agar liburanmu sukses, persiapkanlah dengan matang. Ayo checklistbawaan kamu, agar travelingjadi menyenangkan. 

 

Selain beberapa kebutuhan utama seperti baju, uang cash, tiket dan paspor (jika bepergian ke luar negeri), ada juga keperluan ‘minor’ yang perlu dibawa demi kenyamanan kamu. Berikut lima benda yangsering dianggap sepele ketika bepergian, padahal sangat berguna:

 

1.    Sendal karet

Benda yang satu ini memang penting namun bukan sebagai aksesoris tambahan. Sendal karet/jepit/flip-flopsamat bermanfaat sebagai pelindung kaki saat akan memasuki spa, kolam renang, kamar mandi bersama, atau menginjak daerah yang lembab, becek dan kotor. Benda ini sangat cocok dibawa bagi yang sering bepergian ala backpacker.

 

2.    Plastik ziplock

Plastik yang dapat dibuka tutup ini memang serbaguna. Kamu dapat menggunakannya sebagai wadah makanan ringan, obat-obatan,bodycareagar tidak tumpah, baju basah, atau baju dalam kotor. Selain itu, plastik ziplockdapat dipergunakan berulang-ulang sehingga kita juga ikut menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah.

 

3.    Adaptor multi-fungsi

Adaptor atau sering kita sebut sebagai ‘colokan’ adalah benda yang memang sering dianggap remeh saat hendak bepergian. Padahal, kalau kita melakukan perjalanan ke luar negeri, benda ini bisa jadi ‘penyelamat’. Seperti kita ketahui, tidak semua negara memiliki sistem instalasi listrik yang sama, ada yang memiliki ‘colokan’ dua, ada juga yang tiga. Daripada ‘bete’ karena tidak dapat men-chargeperangkat elektronik milik kita, pastikan untuk selalu membawa adaptor multi-fungsi ini.

 

4.    Payung dan jaket/sweater

Beberapa orang beranggapan bahwa membawa payung saat bepergian seakan ‘mengharapkan’ cuaca buruk terjadi di tempat tujuan. Namun tak ada salahnya membawa payung lipat kecil yang bisa dibawa di dalam tas agar kita tak basah kuyup ketika hujan turun dan tak ada tempat berteduh. Begitu juga dengan jaket/sweater, karena walaupun kita mengunjungi daerah yang hangat, malam hari bisa saja udara tetap dingin dan kita membutuhkan pelapis tambahan di atas pakaian agar tidak menggigil.

 

5.    Obat-obatan dan perlengkapan P3K

Ketika bepergian, penting untuk selalu membawa obat-obatan pribadi. Apalagi jika ada yang harus dibeli dengan resep dokter, seperti obat sakit kepala, anti diare, asma, alergi dan lain sebagainya. Selain itu, kecelakaan kecil dapat terjadi kapan pun, apalagi jika ada anak-anak kecil. Bawalah perlengkapan P3K seperti antiseptik (bisa juga hand sanitizeratau tisu beralkohol), obat luka, serta plester. 

 

Untuk kesehatan mata, sediakan selalu tetes mata Insto Regular dengan bahan aktif yang dapat membunuh bakteri penyebab mata merah/iritasi, serta Insto Dry Eyesyang dapat berfungsi sebagai air mata buatan sehingga kita terbebas dari mata kering.

 

Ayo segera berkemas dan nikmati perjalananmu!

 

Referensi:

·      https://www.smartertravel.com/2018/03/09/things-people-forget-to-pack/

·      https://www.huffingtonpost.com/smartertravel/10-things-you-should-pack_b_3829375.html

·      https://www.destinationtips.com/advice/23-things-people-always-forget-when-they-travel/?listview=all

·      http://www.insto.co.id/product

 

 

Related