Image: 

Kesehatan tubuh penting untuk selalu diperhatikan mengingat semakin padatnya aktivitas dan kondisi lingkungan yang kurang sehat. Polusi dan radikal bebas kini bisa saja berada di dekat kamu jika tidak rutin menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Nah, oleh karenanya, sebagai manusia yang harus terus bergerak dan produktif, ada baiknya kita tidak mengabaikan kesehatan tubuh. Salah satunya organ mata.

Mata bekerja optimal di setiap bidang yang dikerjakan. Hampir seluruhnya membutuhkan visual yang tepat seperti saat berinteraksi, bekerja dalam sebuah penelitian, dan berbagai aktivitas lain yang tentu memberatkan mata jika tidak dilakukan perawatan. Mata juga butuh dirawat dan diperhatikan asupan gizinya. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenali beberapa kebutuhan khusus untuk menjaga kondisi mata.

1. Makanlah makanan yang mengandung vitamin baik untuk mata

Nutrisi seperti omega 3, asam lemak, lutein, zinc, vitamin C & E dapat mengurangi perburukan penyakit mata seperti degenerasi makula. Selain itu, melakukan diet rutin dan seimbang juga dapat menghindarkan kamu dari penyakit diabetes yang berpotensi mengganggu kesehatan mata. Asupan gizi dan vitamin tersebut dapat diperoleh pada sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi, ikan salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, jeruk, wortel dan makanan lainnya.

 

2. Kurangi merokok

Selain menyebabkan katarak dan degenerasi makula, campuran rokok juga dapat menimbulkan kerusakan saraf optik. Untuk itu, biasakan diri kamu untuk tidak merokok agar memperoleh mata yang lebih sehat.

 

3. Gunakan pelindung mata

Saat sedang berlibur ke pantai, kacamata hitam adalah benda wajib yang harus dibawa. Selain sebagai penunjang penampilan, kamu juga terhindar dari paparan sinar matahari jahat yang dapat mengganggu kesehatan mata. Kondisi lain adalah saat sedang berkendara sepeda motor. Untuk mencegah masuknya debu dan pertikel kecil lainnya, sangat penting untuk menggunakan kacamata atau pelindung wajah pada helm. Kacamata juga dibutuhkan apabila kamu terlalu sering berada di depan layar komputer.

 

4. Selalu sedia tetes mata

Cairan tetes mata juga menjadi barang penting yang harus selalu dibawa. Penanggulangan sepele seperti ini sering kali diabaikan oleh para pejalan kaki dan pengendara sepeda motor. Di wilayah Indonesia yang hampir sebagian besar masyarakatnya menggunakan kendaraan bermotor, disarankan untuk selalu sedia obat tetes mata. Insto dengan kandungan alami seperti air mata sangat aman digunakan dan praktis untuk dibawa ke manapun kamu bepergian.

 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit pada mata. Salah satunya adalah dengan memberikan perawatan khusus dan menjaga asupan makanan serta disiplin dalam mengatur waktu saat bekerja.

Quick fact

Kebiasaan merokok mengurangi penglihatan pada malam hari

Related