Image: 

Aktivitas harian kita tergantung bagaimana kondisi kita saat bangun pagi. Jika kita bangun dalam kondisi bugar, maka kita akan menjalani hari dengan happy. Namun, bagaimana jika kita bangun dengan mata yang tampak lelah?

 

Aktivitas padat tentu membuat badan lelah. Tidur adalah cara beristirahat yang baik untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berkegiatan seharian. Namun kadang kala, saat bangun di pagi hari tubuh tampak kurang fresh. Mata tampak lelah dan memerah. 

 

Mata yang tampak tidak fresh di pagi hari akan membuat wajah kita tidak bugar. Salah satu penyebabnya selain kualitas tidur yang buruk adalah kondisi mata yang kering, yang dalam dunia medis dikenal dengan istilahdry eyes.

 

Mata kering banyak disebabkan oleh gaya hidup yang keliru, misalnya terlalu lama bekerja di depan layar monitor, kurang minum, sering berada di ruangan ber-AC, dan kurang relaksasi. Agar pekerjaan tetap berjalan, ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu.

 

1. Atur jadwal kerja

Selesaikan tugas-tugas yang bisa dituntaskan hari itu dan buat jadwal untuk ‘PR’ yang masih harus dituntaskan esok hari. Buat skala prioritas agar tidak pusing mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dulu. Cara ini ampuh untuk membuat pikiran tidak stress dan Anda dapat tidur nyenyak.

 

2. Relaksasi

Di tengah pekerjaan berikan ruang sejenak untuk rileks. Istirahatkan mata satu jam sekali dari layar laptop Anda. Lakukan gerakanstretchingdi bangku kerja Anda. Atau istirahatkan mata dengan memandang tanaman hijau. 

 

3. Aromaterapi

Cara yang satu ini manjur untuk menenangkan jiwa dan membuat tubuh lebih rileks. Wewangian beraroma lavender, green tea, atau sandalwood bisa dipilih untuk menciptakan suasana lebih nyaman.

 

4. Buka jendela
Jika memungkinkan di sela kesibukan, buka jendela dan biarkan cahaya matahari menyentuh Anda. Biarkan mata melihat warna-warna terang yang akan membuat mata lebih segar. 

5. Minum air putih
Minum segelas air putih setiap bangun pagi akan menyegarkan. Begitu juga saat beraktivitas, sempatkan meneguk air putih untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan denganbaik. Usahakan minum 8-10 gelas sehari agar tubuh sehat.
 

BOKS

Hindari 3 ‘Musuh’ Mata Anda

Tanpa disadari pekerjaan kita menyebabkan mata lelah dan kering. Inilah tiga ‘musuh’ yang selalu mengintai mata indah Anda.

1.      Gadgetdan Laptop

2.      Air Conditioner(AC)

3.      Membaca terlalu lama

Ketiga hal di atas tanpa disadari dapat menyebabkan mata kering. Di era serba digital seperti sekarang, rasanya kita tidak bisa lepas dari laptop dan gadget. Terus menerus menatap layar monitor dapat menyebabkan mata terasa kering dan lelah. 

Kepungan gedung bertingkat di kota-kota besar dan semakin panasnya iklim, membuat kita amat tergantung dengan pendingin ruangan /AC. Tanpa disadari terlalu lama berada di ruangan ber-AC membuat mata dan kulit terasa kering.

Penyebab ketiga adalah terlalu banyak membaca. Ada pekerjaan yang mengharuskan seseorang harus lebih sering membaca. Akibatnya, mata lelah, kering dan terasa kesat.

Selain relaksasidan mengalihkan sejenak segala kegiatan yang berkenaan dengan tiga hal di atas. Ada solusi mudah yang dapat membuat mata Anda segar kembali. Gunakan tetes mata Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering. Insto Dry Eyes bekerja sebagai air mata buatan yang melembabkan dan melumasi mata keringmu. Mata kembali segar, aktivitas pun lancar.

Related