Image: 
mata sehat aktifitas lancar

Sebagian besar orang apalagi pekerja keras sering kali lupa waktu saat sedang asyik bekerja. Tentunya hal tersebut mempengaruhi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kesehatan mata. Terlalu sering dan  terlalu fokus menatap layar komputer membuat mata menjadi jarang (lupa) berkedip sehingga mengakibatkan mata menjadi kering dan lebih mudah terjadi iritasi dan kemerahan. Selain itu kurang tidur juga bisa membuat mata menjadi kemerahan.

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh sejak dini sudah harus ditanamkan, mengingat kondisi cuaca dan lingkungan yang terus berubah di masa perubahan iklim global sekarang ini. Pemberian asupan vitamin dan modifikasi pola hidup yang baik menjadi sangat penting, tidak terkecuali pada orang dewasa yang kini rentan dengan penyakit yang diakibatkan perubahan lingkungan tersebut. Salah satu organ yang rentan terkena dampaknya adalah mata. Ada baiknya kamu melakukan beberapa kiat khusus berikut ini untuk menghindarinya:

Perbanyak asupan vitamin A, vitamin C dan vitamin E

Dengan mengkonsumsi makanan serta buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti telur, susu, wortel dan cod liver sangat bagus untuk kesehatan mata kamu. Selain vitamin A, kamu juga perlu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C seperti pada buah jeruk, anggur, brokoli dan stroberi. Selain sebagai pertahanan tubuh, kesehatan mata kamu juga ikut terjaga.

Tidak ketinggalan kandungan vitamin E yang ada pada sayur bayam serta kacang-kacangan seperti hazelnut yang juga dapat menghindarkan kamu dari penyakit katarak dan mencegah bertambah parahnya degenerasi macula mata. Tidak kalah penting, juga konsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sardine, kerang dan udang. Tambahkan menu maqui berry yang dapat meringankan gejala mata kering.

 

Jangan terlalu sering berada di depan layar komputer, televisi dan barang elektronik lainnya

Terlalu sering berada di depan layar komputer juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit seperti mata lelah, pandangan kabur, salah fokus, mata kering, sakit kepala, leher, punggung serta bahu. Jika hal tersebut menyangkut pekerjaan kamu, alihkan pandangan mata kamu minimal setiap 20 menit ke arah lain selama 20 detik dengan jarak pandangan minimal 20 kaki (6 meter).

 

Gunakan tetes mata yang terpercaya dan sudah melewati uji kelayakan

Selain menjaga asupan makanan, kamu juga perlu melakukan perawatan dari luar. Penggunaan tetes mata steril dengan penggunaan yang dianjurkan untuk mencegah penyakit mata sangat disarankan oleh para ahli.

Salah satunya, tetes mata Insto yang baru-baru ini meraih penghargaan SuperBrand pada Januari 2015. Insto dipercaya menjadi salah satu brand terpercaya dan favorit masyarakat Indonesia di dalam mengatasi gejala kekeringan dan juga meringankan iritasi pada mata.

Dengan memberikan perlakuan khusus untuk kesehatan mata, kamu tidak perlu lagi merasa risih dengan penyakit mata yang kerap kali menyerang di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari.

Quick fact

Mata manusia dapat membedakan 500 jenis warna abu-abu dan dapat mendeteksi 10 juta warna

Related