Image: 
Pakai Lensa Kontak Juga Ada Aturannya, Lho!

Sebagian besar orang memilih menggunakan lensa kontak karena dinilai lebih praktis dan lebih trendy. Apalagi, lensa kontak kini disediakan dalam berbagai variasi warna sesuai keinginan penggunanya. Namun, yang perlu menjadi catatan, pemakaian lensa kontak ini juga membutuhkan perhatian khusus mengenai cara kerja perawatannya.

Untuk menghindari komplikasi yang mengancam kesehatan mata, ada baiknya kamu mengikuti langkah-langkah perawatan lensa:

1. Sebelum menyentuh atau menangani lensa kontak, cuci tangan dan bilas bersih. Gunakan sabun non-kosmetik yang memiliki kandungan ringan. Sabun dengan parfum atau minyak meninggalkan jejak di tangan yang secara tidak langsung dapat berpindah ke lensa kontak dan menyebabkan iritasi mata atau kabur.

2. Usahakan tangan dalam keadaan kering dan bersih. Apabila kamu akan menggunakan hairspray, gunakan sebelum memakai lensa kontak, untuk mencegah menempelnya partikel hairspray pada lensa kontak yang terpasang pada mata.

3. Ikuti petunjuk masa pakai lensa kontak. Jangan memakai lensa kontak melebihi masa yang dianjurkan oleh masing-masing lensa kontak (harian / mingguan / bulanan). Semakin sering lensa kontak diganti, maka akan semakin baik, risiko infeksi pada mata akan semakin kecil. Walaupun sudah dibersihkan setiap kali habis digunakan, namun masih ada peluang tertinggalnya kotoran pada lensa kontak yang dipakai berulang kali.

4. Lensa kontak yang beragam memerlukan perawatan khusus yang berbeda juga. Selalu bersihkan lensa kontak setiap kali setelah dipakai dan simpan dalam cairan disinfektan. Jangan menggunakan cairan yang tidak dikhususkan untuk lensa kontak. Beberapa produk mata atau tetes mata tidak sesuai untuk diaplikasikan pada lensa kontak.

5. Hindari menggunakan air keran langsung saat membersihkan lensa. Mikroorganisme dapat hidup di air disuling dan menyebabkan infeksi atau kerusakan penglihatan. Bersihkan lensa kontak dengan menggosok lembut menggunakan jari telunjukmu di telapak tangan yang lain. Gunakan larutan steril setiap selesai menggunakan lensa kontak. Biarkan mengering dan jangan lupa untuk mengganti lensa kontak sesuai yang dianjurkan oleh masing-masing jenis lensa kontak.

6. Saat tidur, lepaskan lensa kontak kecuali jika lensa kontak diperuntukkan untuk extended wear, pemakaian jangka panjang dan dapat dipakai saat tidur. Namun metode ini dirasa kurang baik karena dapat menimbulkan berbagai gangguan mata, salah satunya ialah risiko infeksi pada mata.

Pemakaian lensa kontak dapat mengakibatkan atau memperberat mata kering. Pemakaian tetes mata juga dianjurkan sebelum dan setelah menggunakan lensa kontak agar mata tidak kering. Insto Moist dengan kandungan Hydroxypropyl Methylcellulose sebagai bahan aktif mampu menjaga kelembapan dan kandungan air pada mata. Dikemas dalam ukuran 7,5 ml yang dapat kamu taruh ke dalam saku celana sangat efisien untuk digunakan kapanpun dan di manapun.

Quick fact

Manusia melihat dengan otak, bukan mata. Mata berfungsi seperti kamera, hanya menangkap cahaya dan mengirim data kembali ke otak. Hebatnya, mata bisa memproses 36.000 potongan informasi dalam 1 jam saja.

Related