Image: 
Edukasi kesehatan mata sejak dini

Kesehatan mata memerlukan perhatian khusus mengingat mata merupakan salah satu aset di usia senja nanti. Peran penting mata sangat berpengaruh pada aktivitas kita sehari-hari. Namun, jika terlalu diforsir mata juga dapat mengalami gangguan yang berdampak pada organ tubuh lainnya.

Diperlukan penanganan sejak dini dengan memberikan informasi terkait kebutuhan untuk mata yang sehat. Berikut ini beberapa tips dan kiat khusus yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gangguan mata di kemudian hari.

1. Lakukan Pemeriksaan Mata

Pemeriksaan yang komprehensif, termasuk pemeriksaan bagian belakang bola mata dapat menentukan resiko penyakit utama seperti diabetic retinopathy yang tidak memiliki tanda peringatan awal atau gejala. Biasakan dirimu untuk melakukan pemeriksaan setidaknya setiap 2 tahun sekali.

2. Rutin Mengkonsumsi Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang terbukti mengurangi risiko sindrom mata kering. Rutin mengkonsumsi ikan 2 kali sehari merupakan salah satu bentuk pencegahan yang baik. Jika kamu memiliki alergi terhadap ikan, ganti dengan konsumsi sayuran yang lebih banyak.

3. Menggunakan Kacamata

Memakai kacamata hitam saat bepergian kini bukan lagi hanya sekadar penunjang penampilan. Kacamata hitam berfungsi memblokir sinar matahari yang berdampak pada kesehatan mata. Selain itu, kacamata hitam juga melindungi matamu dari partikel kecil yang beterbangan serta efek tiupan angin yang dapat membuat mata menjadi kering.

4. Jagalah Kebersihan

Khusus untuk perempuan, penting untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dan wajah. Bersihkan make up-mu setiap malam terutama make up pada area mata saat sebelum tidur agar partikelnya tidak melukai kornea mata. Perhatikan juga sarung bantal dan benda-benda yang bersentuhan langsung dengan wajah karena akan berdampak pada mata.

5. Luangkan Waktu Untuk Beristirahat

Ketika sedang membaca, atur bunyi alarm jam setiap 20 menit. Setelah itu, alihkan pandangan mata selama 20 detik untuk memandang sejauh kurang 20 kaki (6-7 meter). Ini mambantu mencegah mata lelah.

Dengan berbagi informasi seputar kesehatan mata, beberapa orang akan mulai melakukan kiat khusus dan lebih memperhatikan kesehatan mata. Selain beberapa tips di atas, pencegahan dengan tetes mata juga menjadi salah satu solusi tepat untuk mengurangi gangguan pada mata seperti mata lelah, kering, dan iritasi. Insto, salah satu tetes mata Indonesia yang sudah lama digunakan dan terpercaya memberikan solusi efektif untuk meredakan iritasi. Cukup teteskan 1-2 kali pada setiap mata dan diamkan selama beberapa saat akan mengembalikan kesegaran pada mata indahmu.

Quick fact

Mata minus atau rabun jauh (myopia) adalah gangguan penglihatan mata yang paling umum di masyarakat

Related