Image: 
Tubuh Makin Bugar, Mata Terus Terjaga

Berolahraga memang baik dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani dan pertahanan metabolisme tubuh. Selain baik untuk tubuh, olahraga dapat meningkatkan mood dan menurunkan stres. Dampak positif lainnya, kamu akan lebih percaya diri dan merasa bebas dalam melakukan segala sesuatu hal.

Namun, ada beberapa aktivitas olahraga yang mempengaruhi kesehatan mata, seperti:

1. Basket

Olahraga ini mungkin terlihat tanpa risiko. Basket memiliki risiko terhadap mata yang cukup besar. Terkadang, kontak fisik antar pemain tak dapat dihindarkan, termasuk terkena bola atau sentuhan bahkan terpukul pemain lain pada mata. Nah, untuk melindungi mata, beberapa pemain ada yang menggunakan kacamata khusus yang dilengkapi karet pengait agar tidak mudah lepas.

2. Bersepeda

Olahraga satu ini memang terkesan lebih santai. Namun, perlengkapannya jangan sampai dilupakan ya. Kacamata, salah satunya sebagai pelindung untuk menghindari masuknya debu dan partikel kecil yang dapat membuat mata teriritasi. Terlalu lama fokus pada jalan yang lurus, justru bisa membuat mata menjadi lupa berkedip, sehingga dapat membuat mata menjadi kering.

3. Renang

Olahraga air yang seringkali rutin dilakukan di akhir pekan merupakan salah satu favorit masyarakat Indonesia. Namun, masih banyak yang tidak memperhatikan kelengkapan peralatan sebelum terjun ke dalam kolam. Salah satunya adalah kacamata renang. Barang tersebut wajib untuk dikenakan karena air kolam sudah tentu tidak steril. Puluhan bahkan ratusan orang bergantian untuk berendam di dalam kolam. Untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam mata, dan juga untuk mengurangi kontak mata dengan zat kimiawi penjernih air kolam renang, sangat penting untuk menggunakan kacamata renang yang safety dan tidak memberikan rasa nyeri pada sekitar mata.

Ketiga jenis olahraga di atas baru sebagian dari sederet macam olahraga lainnya yang membutuhkan perlindungan khusus untuk mata. Ada baiknya, sebelum dan sesudah berolahraga kamu menggunakan obat tetes mata agar tidak mudah terkena iritasi dan infeksi saat beraktivitas.

Salah satu produk lokal yang menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia adalah Insto Moist. Bekerja menyembuhkan mata lelah dan kering, Insto Moist menjadi obat tetes favorit. Selain memberikan efek instan, kandungan bahan yang digunakan tidak menggunakan dosis yang berlebihan sehingga aman untuk digunakan. Sangat bersahabat dengan kantungmu dengan harga terjangkau dan mudah dibawa ke mana-mana.

(http://www.medimanage.com/my-worries/articles/10-tips-to-keep-your-eyes-bright-and-healthy.aspx

Quick fact

Otot-otot mata adalah otot yang paling aktif dibanding semua otot dalam tubuh manusia.

Related