Image: 
Tak Hanya Badan, Mata Juga Butuh Istirahat

Beraktivitas seharian tentunya akan melibatkan mata sebagai salah satu penggerak utama. Mata yang kerap disebut sebagai jendela dunia, memiliki peran penting yang harus dijaga kesehatannya. Tidak ada salahnya kan untuk mengistirahatkan sejenak matamu dari berbagai rutinitas? Yuk, manjakan mata indahmu agar bisa bekerja lebih optimal.

Berikut ini beberapa ada beberapa tips dalam menjaga kesehatan mata:

1.Taktik 20-20-20

Jika kamu termasuk pekerja atau pelajar yang menghabiskan sebagian besar waktu berada di depan layar komputer, luangkan waktu setiap 20 menit sekali untuk mengalihkan pandangan ke arah lain sejauh 20 kaki (kurang lebih 6-7 meter) selama 20 detik.

2.Kompres hangat

Mata lelah atau kering disebabkan karena terpapar terlalu banyak sinar, baik dari gadget maupun sinar matahari. Biasanya, mata kurang berkedip akibat terlalu berkonsentrasi menatap layar gadget, sehingga mengurangi kelembapan pada mata. Gunakan pelembap mata yang tersedia di beberapa toko kesehatan atau kompres matamu dengan air hangat. Diamkan selama 15 menit dan lanjutkan kembali aktivitasmu.

3. Kunjungi dokter mata

Memeriksakan mata sesekali ke klinik terdekat atau dokter spesialis mata tidak ada salahnya bukan? Dengan mengetahui kondisi matamu akan jauh lebih mudah untuk mendeteksi secara dini, ada atau tidaknya gangguan pada mata yang lebih lanjut.

3 hal yang disebutkan di atas adalah bentuk penanggulangan pertama saat kamu mulai merasakan perih dan gatal yang sering di area sekitar mata. Untuk mencegahnya, kamu dapat menanggulanginya dengan selalu sedia tetes mata untuk menjaga kelembaban mata serta mengurangi rasa perih dan gatal yang timbul.

Insto adalah salah satu produk Indonesia yang dikenal efektif dan memberikan reaksi cepat untuk mengatasi radang dan iritasi mata. Bila mata kamu kering, gunakan Insto Moist yang mengandung bahan aktif Hydroxypropyl Methylcellulose, untuk menghilangkan kekeringan pada mata sehingga kamu terhindar dari iritasi mata.

Tersedia dalam kemasan kecil berukuran 15 ml sangat cocok untuk ukuran kantongmu. Cukup teteskan 1 -2 kali pada setiap mata sebelum dan sesudah memulai aktivitas. Baca juga aturan pakai serta dosis yang dianjurkan untuk melakukan pencegahan dan pengobatan.

Quick fact

Orang biasanya membaca 25 kali lebih lambat di layar daripada di atas kertas

Related