Image: 
Iritasi Mata Dapat Dicegah

Kondisi mata yang kurang sehat menjadi faktor utama yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Mata perlu dijaga kesehatannya agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti mata kering, gatal, merah dan iritasi, hingga berujung pada menurunnya kualitas penglihatan.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, kamu butuh memberi perhatian khusus. Kamu bisa mencegah terjadinya iritasi mata dengan berbagai kiat khusus di bawah ini:

1. Jangan menggosok mata

Menggosok mata dapat mengakibatkan gesekan pada permukaan bola mata sehingga dapat mengakibatkan iritasi mata. Tangan yang kotor yang mengandung berbagai jenis bakteri, jamur dan virus dapat menjadi sarana berpindahnya mikroorganisme tersebut jika kita menggosok-gosok mata.

2. Gunakan pelindung mata saat berenang

Penggunaan kacamata renang menjadi perhatian khusus ketika hendak melakukan olahraga air. Kandungan air yang kurang steril di kolam renang serta zat-zat kimia untuk menjernihkan air kolam renang dapat menyebabkan mata mudah terkena iritasi dan memerah.

3. Lingkungan rumah dan tempat kerja

Suhu udara, debu, asap dan paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi mata merah dan gejala lainnya. Goresan kornea yang disebabkan oleh partikel kecil yang tertiup angin dapat menyebabkan cedera serius pada mata. Pakailah selalu kacamata pelindung saat bepergian maupun melakukan pekerjaan yang berisiko untuk menghindari iritasi mata.

4. Hati-hati dalam menggunakan lensa kontak

Rawatlah lensa kontak yang digunakan sesuai dengan petunjuk pada masing-masing produk lensa kontak. Bersihkan dengan larutan disinfektan yang dianjurkan dan gantilah lensa kontak sesuai masa pakainya. Pemakaian lensa kontak yang tidak benar dapat mengakibatkan iritasi, memperparah iritasiĀ  bahkan mengakibatkan infeksi pada mata.

5. Gunakan tetes mata

Bawalah tetes mata ke manapun kamu bepergian. Kemasan yang mungkin dan praktis tentu bukan menjadi alasan untuk tidak membawanya ke dalam saku atau tas. Tetes mata tidak hanya berfungsi sebagai pengobatan tapi juga pencegahan sebelum terjadi iritasi berat. Teteskan 1-2 kali di setiap mata dan tunggu 15 menit sampai tetes mata bekerja memulihkan keadaan mata. Tetes mata Insto sangat dianjurkan karena mengandung bahan-bahan kimia dengan dosis rendah sehingga aman untuk digunakan.

Dengan melakukan pencegahan sejak dini, kamu tidak perlu lagi khawatir akan kesehatan mata indahmu. Selalu lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Quick fact

Mitos bintitan terjadi karena sering mengintip itu tidak benar. Bintitan atau hordeolum adalah infeksi kelenjar di kelopak mata karena bakteri. Bintitan biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu.

Related