Image: 

 

Menjelajah kota dengan si roda dua tentu menyenangkan, tapi jangan lupa pastikan touring Anda juga aman dengan melakukan persiapan yang matang.

 

Anda penggemar kendaraan roda dua? Senang berpetualang dan bersosialisasi? Mengapa tak mencoba bergabung dengan klub motor? Klub motor di Indonesia semakin banyak jumlahnya. Ada klub motor gede (moge), vixion, honda CB , Vespa, dan yang lainnya. 

 

Salah satu klubmotor tertua di Indonesia adalah Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) yang terbentuk pada tahun 1968. Biasa disebut sebagai klub Harley Davidson, yang memiliki kepengurusan hingga ke daerah-daerah, dengan anggota mencapai ribuan orang. 

 

Jumlah klub motor kian tahun kian menjamur, bahkan hingga ke daerah-daerah. Sebut saja di Semarang, ada klub motor CB, yang kini juga ada di beberapa kota di Indonesia. Motor keluaran pabrikan Honda ini dirasa sangat cocok dan sesuai dengan kantong masyarakat Indonesia, karena harganya terjangkau. Bahkan motor yang semakin langka ini belakangan sulit didapat konon karena diborong oleh pecinta motor CB. 

 

Satu hal yang positif adalah umumnya mereka senang bergabung dalam sebuah klub motor, karena adanya rasa kekeluargaan yang tinggi. Rasa kekeluargaan ini biasanya tampak pada saat touring. Tak jarang klub motor touring hingga lintas provinsi, sehingga membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang cukup. Namun segala halang rintang selama touringserasa lebih ringan dengan adanya ikatan kekeluargaan yang kuat di antara anggota. “Sesama bikersharus saling support,” ucap Yoga, bikersyang tergabung dalam sebuah klub motor Komunitas King Tebet (KKT).

 

Persiapan Touring
Touringmenjadi saat-saat yang menyenangkan bagi setiap anggota, apalagi rute menjelajah kota-kota di Indonesia. Agar saat touringmenyenangkan, sebaiknya Anda melakukan persiapan sebagai berikut : 

 

  1. Menjaga stamina

Kesehatan merupakan syarat utama dalam melakukan touring. Anggota klub motor wajib menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, olahraga, dan cukup tidur.

 

  1. Piranti keamanan berkendara

Jaket, helm, masker, celana panjang, lampu senter, sarung tangan tidak boleh ada yang terlupa. Biasanya, anggota memiliki checklistapa-apa saja yang dibutuhkan selama touring.

 

  1. Kotak obat

Guna mengantisipasi kondisi-kondisi yang tidak diinginkan, klub motor juga melengkapi kegiatan touring-nya dengan membawa kotak obat P3K. Tetes mata Insto Regulartidak boleh ketinggalan nih, karena asap, debu, dan polusi di jalanselama touringbisa bikin mata perih dan merah.

 

 

  1. Cek ‘kesehatan’ motor di bengkel

Apakah motor dalam keadaan layak berkendara jarak jauh? Bagaimana kondisi rem, oli, kondisi lampu, dan sebagainya? Ini merupakan checklistpenting yang tak boleh diabaikan.

 

 

BOKS

Tips: Mata Tetap Sehat Saat Touring

 

Salah satu anggota tubuh yang rentan terganggu saat berkendara motor adalah mata. Terpaan angin dan debu tak urung membuat mata merah dan iritasi. Bagaimana solusinya?

  • Kenakan helm yang terdaftar dalam SNI.
  • Pastikan kondisi kaca helm jernih, dan rapat menutup.
  • Jika perlu kenakan kacamata khusus.

Sertakan Tetes Mata Insto Regular dalam kotak obat yang Anda bawa. Gunakan Insto Regular untuk mengatasi iritasi mata akibat terpaan debu, asap, dan polusi selama 

Related