Image: 

Banyak orang merasa bahwa online gamesmerupakan pengisi waktu luang belaka. Namun ternyata, ada beberapa manfaat online games yang patut kita ketahui, tapi hati-hati dengan efek negatifnya.

 

Ketika genre online gamespertama kali muncul dan menjadi populer di kalangan kaum muda, para penggemar permainan komputer seakan dilanda ‘demam’ baru. Sebuah aktivitas yang tidak hanya bisa dimainkan melalui media komputer, namun juga terkoneksi dengan internet. Seru? Pastinya! 

 

Muncul kekhawatiran dari orang tua bahwa kehadiran gamebaru ini akan membuat anak-anak malah semakin malas belajar. Dan kekhawatiran ini memang bukannya tanpa alasan. Kegemaran pada online gamesini bahkan juga ‘menular’ pada orang dewasa. 

 

Lalu, apakah benar memang ada manfaat darionline games? Jika ada kerugiannya, bagaimana cara paling tepat untuk menyikapinya?

 

Mengasah keterampilan personal

Siapa sangka bahwa online gamesdapat meningkatkan keterampilan personal seseorang? Para ahli berpendapat bahwa ada beberapa sisi dari keterampilan diri kita yang dapat diasah melalui permainan ini, diantaranya:

·      Kreativitas dan daya imajinasi.Beberapa online gamesmengajak pemainnya untuk melakukan sesuatu yang ‘out-of-the-box’untuk bisa naik ke levelpermainan yang lebih tinggi. 

·      Logika matematika.Online gamesdengan tema war gamesatau mengurus perkebunan adalah salah satu jenis permainan yang membutuhkan kemampuan logika dan matematika. Saat melakukannya, kita harus berstrategi untuk memenangkan perang atau meraup hasil panen yang lebih besar lagi.

·      Etiket berinternet.Dalam online games, para pemain memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan pemain lain yang belum ia kenal. Kemampuan kita untuk bekerjasama, bermain secara jujur dan sportif pun diuji. 

·      Berbahasa.Umumnya online gamesmenggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Pemain didorong untuk terus belajar agar bisa memahami berbagai peraturan permainan dengan lebih baik.

·       Kemampuan spasial.Kemampuan spasial yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan semakin terasah. Begitu juga dengan konsentrasi serta koordinasi mata dan gerak tangan.

 

Waspada Bahayanya!

Meskipun mengasyikkan dan bisa menambah teman, ketika bermain online gameskita tetap harus waspada. Ada beberapa kelemahan dari permainan ini yang perlu kita sadari, antara lain:

·       Internet adalah tempat terbukadi mana kita dapat mengakses berbagai jenis informasi di dunia maya. Jika kita mengunduh permainan bukan dari situs resmi, bisa saja tanpa sengaja kita mengunduh berbagai spam, virus, bahkan perangkat lunak berbahaya. Berhati-hatilah karena hal ini dapat merusak perangkat kita.

·       Banyak penipu.Ingatlah selalu bahwa online gamesberoperasi di dunia maya. Masih banyak predator yang berharap dapat memanfaatkan kepolosan beberapa pemainnya dan kemudian melakukan hal-hal yang merugikan korban, salah satunya pelecehan secara online.

·      Mengakibatkan kecanduan. Obsesi terhadap online gamesmemang dapat terjadi dan sudah ada beberapa contoh kasusnya. Jika pemain sampai lupa makan, minum dan beristirahat demi mengejar peningkatan skill, tentunya dapat berakibat fatal.

·       Mempengaruhi postur tubuh.Gaya pemain saat nge-gametentunya berbeda-beda. Ada yang duduk condong ke depan, menyender ke sofa, bahkan sambil tiduran. Tanpa sadar, jika dilakukan dalam waktu lama, hal ini dapat berpengaruh buruk pada postur tubuh kita.

·       Membebani mata.Menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar komputer membuat kita rentan terkena computer vision syndrome (CVS)yang ditandai dengan mata lelah, penglihatan kabur, dan mata kering.Selalu sedia tetes mata yang mengandung air mata buatan seperti Insto Dry Eyes.

 

Ayo, cegahlah dari sekarang!

Agar kita tetap dapat menikmati permainan daring namun tidak merusak tubuh dan pikiran, hendaknya lakukan langkah pencegahan sebagai berikut:

•       Jangan membagi informasi pribadi kita dengan siapapun, terutama saat memasuki situs yang tidak dikenal. Ini juga harus kita ingatkan pada anak-anak.

•       Hindari membagikan kata sandi permainan pada orang lain untuk menghindari kecurangan atau ada yang membajak akun kita.

•       Bersikap adil dan sportif pada pemain lain.

•       Jangan pernah mempercayai siapapun di dunia maya. Jangan pernah setuju untuk bertemu secara langsung kecuali dalam sebuah komunitas.

•       Lakukanlah permainan ini untuk bersenang-senang, bukan untuk tujuan lain seperti perjudian.
 

Menjaga kesehatan tubuh

Dalam hal menjaga postur tubuh maupun kesehatan mata, paraonline gamersperlu memperhatikan beberapa hal ini:

1.Posisi duduk dan layar komputer. Saat sedang bermain, duduklah sejajar dengan meja komputer. Jaga jarak dengan layar, idealnya 25 inci (sekitar 60 cm) dari layar komputer. Pakailah kursi yang nyaman namun cukup tegak. Atur layar komputer 4-5 inci (10-13 cm) di bawah level mata. 

2.Pencahayaan yang baik. Kurangi silau dengan menggunakan bola lampu yang ber-wattrendah atau pasang lapisan film anti-silau di depan layar komputer. 

3. Istirahatkan mata.Ikuti aturan 20/20/, yaitu setiap 20 menit di depan layar, palingkan perhatian ke obyek berjarak jauh selama 20 detik. Gunakan tetes mata yang berfungsi sebagai air mata buatan seperti Insto Dry Eyes.

4. Berkedip lebih sering

The American Academy of Ophthalmologymenyampaikan bahwa rata-rata orang berkedip 18 kali per menit. Sedangkan ketika bekerja di depan layar, jumlah kedipan akan berkurang hingga setengahnya. Hasilnya mata menjadi kering dan lelah,rechargematamu dengan Insto Dry Eyes setiap kali terasa kering. Mata kembali segar, kamu pun siap bermain kembali.Buka Mata, Buka Insto.

 

 

 

 

Referensi:

·      https://www.benzinga.com/14/09/4883412/online-gaming-advantages-disadvantages-threats-and-their-solutions

·      http://www.positiveparentingconnection.net/what-are-the-benefits-of-playing-online-games-for-children/

·       http://www.insto.co.id/eyeducation

 

Related