Image: 
Mudik Seru, Tetap Aman dan Nyaman

Hari raya identik dengan arus mudik yang begitu padat. Mulai jalur darat, laut dan udara semua maskapai dan biro perjalanan sudah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak kehabisan tiket. Kegiatan mudik tahunan juga selalu ramai dengan pemberitaan kondisi cuaca terkini dan peristiwa-peristiwa kecelakaan yang kerap kali terjadi. Kendati demikian, tetap saja penduduk imigran harus pulang ke kampung halaman sesaat untuk temu kangen dan melepas rindu.

Agar mendapatkan perjalanan mudik yang aman dan nyaman, berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

1.Persiapkan barang bawaan

Catat semua barang yang akan dibawa. Buat catatan sebelum memasukan terlalu banyak barang di dalam bagasi. Sortir pakaian secukupnya, tanpa perlu membawa semua isi lemarimu saat mudik. Buat kamu yang melakukan perjalanan via pesawat, perhatikan juga bobot bagasi sesuai ketentuan maskapai agar tidak berlebihan.

2.Cek kendaraan atau transportasi yang akan digunakan

Bila kamu menggunakan kendaraan pribadi, periksakan terlebih dahulu ke bengkel terdekat, kemudian cek secara personal. Apabila kamu menggunakan jasa biro perjalanan atau maskapai laut/penerbangan, perhatikan jadwal keberangkatan dan pelayanan yang akan diberikan.

3.Bawalah perangkat permainan/gadget

Gadget menjadi barang wajib yang tidak boleh ketinggalan saat menempuh perjalanan jauh. Untuk itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan baterai cadangan jika sewaktu-waktu tidak menemukan tempat untuk mengisi daya gadget. Namun ingatlah, untuk tidak terlalu sering menggunakan gadget selama perjalanan agar mata tidak mengalami kering, iritasi, dan lelah. Sesekali, nikmati pemandangan indah selama perjalanan sembari mengistirahatkan mata dari gadget.

4.Makanan ringan dan minuman

Saat berada dalam perjalanan panjang, kamu tentu akan terjebak macet setidaknya 2 sampai 3 kali. Belum tentu di sepanjang perjalanan yang akan dilalui akan ada rest areaatau warung makan untuk disinggahi. Akan lebih baik lagi bila kamu menyiapkan sendiri bekal berisi makanan sehat seperti susu, telur, wortel, dan hati yang mengandung vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata.

5.Medical Box

Kotak yang satu ini sangat penting dan wajib hukumnya untuk dibawa. Sebagai bentuk antisipasi, masukkan plester luka, minyak gosok, minyak angin, minyak aroma terapi, obat anti mabuk dan tetes mata.

Tetes mata perlu untuk dibawa karena kamu akan berada di dalam kendaraan yang ber-AC atau kendaraan yang menerima udara dari ventilasi yang menyebabkan mata kering, perih dan gatal. Tetes mata Insto Moist bisa menjadi pilihan karena reaksinya yang cepat untuk mencegah dan menangani gangguan pada mata. Selain itu, kemasannya yang mungil dan praktis digunakan dapat anda gunakan di setiap kesempatan.

Pentingnya menjaga keselamatan dan meningkatkan sikap was-was saat mudik perlu dipelihara sebagai bentuk antisipasi. Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah siap dengan segala peralatan yang dibutuhkan. Selamat berlibur!

Quick fact

Mata berkedip 12 kali setiap menit atau sekitar 10 ribu kali setiap hari dan rata² 4,2 juta kali dalam setahun.

Related