Image: 

Bosan dengan pilihan lokasi ngabuburit di mal? Menikmati udara segar di area terbuka bisa menjadi alternatif seru. Misalnya di area pertamanan berikut ini yang sering dijadikan tempat berkumpul kaum muda maupun lansia. 

 

‘Ngabuburit’ atau menunggu waktu bedug Maghrib merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan saat bulan puasa atau Ramadhan. Menjelang saat berbuka, biasanya lokasi seperti tempat berbelanja dan wisata penuh oleh mereka yang sedang berkumpul atau berjalan-jalan bersama sahabat atau kerabat. Buat yang bosan ngabuburit di mal, di mana lagi ya, alternatifnya?

 

1. Taman Menteng

Taman yang terletak di Jalan H.O.S. Cokroaminoto, Menteng, ini menjadi salah satu landmarkJakarta yang teduh dengan pepohonannya. Taman Menteng ditujukan sebagai community centretempat banyak orang dapat berkumpul dan beraktivitas. Itu sebabnya taman ini juga dilengkapi dengan lapangan futsal, area bermain anak, jalur joggingdan sepeda, serta banyak bangku untuk melepas lelah. Di sini juga kita bisa melihat ruang pamer berdinding kaca yang merupakan ciri khas dari Taman Menteng.

 

2. Taman Kalijodo

Sempat menjadi pusat pemberitaan di berbagai media massa, taman yang tadinya terkenal sebagai lokasi prostitusi terbesar di Jakarta ini sekarang sudah beralih fungsi. Dengan luas mencapai 1,4 hektar, Taman Kalijodo memiliki berbagai fasilitas olahraga yang sangat memadai, contohnya saja lintasan jogging, sepeda, skateboard, outdoor gym, dan lain sebagainya.

 

Bagi mereka yang senang berswafoto, ada juga tembok grafitinya yang merupakan salah satu lokasi favorit para pengunjung. Pada akhir pekan atau liburan panjang juga di taman ini kerap dijadikan lokasi bazaar. Tertarik untuk mengunjunginya? Taman Kalijodo terletak di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

 

3. Taman Ayodya

Juga dikenal dengan nama Taman Barito, taman kota ini memiliki kolam ikan besar dikelilingi lintasan joggingsepanjang 1,7 km. Penataan taman ini dibuat menyerupai panggung terbuka (amphitheatre) lengkap dengan gazebo untuk beristirahat. Di pagi hari banyak orang yang datang untuk berolahraga di tempat ini, sebelum pukul 08.30 para pengunjung dihibur dengan kehadiran air mancur menari. Letaknya tak jauh dari Terminal Blok M, Jakarta Selatan.

 

4. Monumen Nasional

Sebagai landmarkutama Kota Jakarta yang sangat terkenal, Monumen Nasional atau Monas adalah kebanggaan Bangsa Indonesia. Dibangun di era tahun 1960-an dan diresmikan pada tangga 12 Juli 1975, puncak Monas berbentuk kobaran api bersepuh emas menggambarkan semangat Bangsa yang tak akan pernah padam. 

 

Di sekitar tugu dapat ditemukan dua kolam, taman hijau, dan lapangan terbuka yang cocok untuk olahraga ringan warga Ibu Kota. Taman Monas sangat luas dan rindang, banyak pepohonan tinggi dan besar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ditanam di sini. Di malam hari, kita bisa melihat air mancur menari di kolamnya yang menarik perhatian banyak pengunjung. Anda bisa datang ke Taman Monas menggunakan bus TransJakarta jurusan Kota. Masuk ke taman ini tidak dipungut biaya.

 

5.Taman Epicentrum

Taman Epicentrum Walk atau dikenal juga dengan River Walk Epicentrum Kuningan ini terletak di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Taman yang merupakan bagian dari Kawasan Terpadu Rasuna Epicentrum ini terkenal karena aliran sungainya yang jernih dan dipenuhi ikan. Kita bisa duduk di taman sambil memandang sungai yang bersih, pohon-pohon yang rindang dan menghirup udara segar.

 

6. Taman Situ Lembang

Situ dalam Bahasa Sunda berarti Danau. Situ Lembang atau Danau Lembang yang satu ini terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat, dan menjadi ikon daerah ini. Danau berada di tengah taman dihiasi dengan bunga teratai berwarna pink dan putih yang sangat indah. Pengunjung dapat duduk di taman dan menikmati pemandangan yang asri di taman ini.

 

7. Kota Tua

Area Kota Tua adalah salah satu destinasi yang populer di Jakarta. Daerah yang masih banyak ditemukan bangunan lama peninggalan kolonialisme Belanda ini memiliki banyak lokasi menarik. Sebut saja Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Wayang. Selain itu juga masih ada Pelabuhan Sunda Kelapa, daerah pecinan, wisata kuliner khas Betawi dan masih banyak lagi. 

 

Ngabuburit di area luar ruang dapat mengiritasi mata karena banyaknya debu dan kotoran yang terbawa angin. Siapkan selalu tetes mata Insto Regulardengan bahan aktif yang ampuh untuk meredakan iritasi ringan seperti mata merah, gatal, perih dan berair.

 

Referensi:

Related