Image: 

Saat lama menatap layar monitor komputer atau smartphone, para gamers akan rentan mengalami gejala mata kering. Jika hal ini sampai terjadi, ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

 

Bermain games di gawai memang tak hanya digemari anak-anak, tapi juga orang dewasa. Menurut prediksi, dari sejumlah 244 juta gamers di wilayah ASEAN yang terdata pada tahun 2018, akan bertambah hingga 309 juta di tahun 2022. Tren ini menyebabkan banyak orang akan terpaku atau fokus pada layar monitor lebih lama, kondisi yang dapat menyebabkan gejala mata kering.

Mata kering pada mereka yang gemar menghabiskan waktu di depan smartphone atau komputer adalah salah satu gejala dari computer vision syndrome. Akibat terlalu asik dan fokus pada layar gawai, frekuensi berkedip menjadi menurun. Kelihatan sepele ya? Berkedip merupakan proses alami yang berfungsi mengembalikan dan menjaga kelembapan permukaan mata.  

 

Gamers rentan mengalami gejala mata kering

Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Piala Presiden E-Sport 2020, INSTO yang menjadi official eye drop di acara ini, meluncurkan kampanye INSTO Dry Eyeducation untuk mengedukasi mengenai gejala mata kering.

Mata kering adalah kondisi dimana tear film tidak stabil dari segi jumlah dan kualitasnya sehingga kehilangan kemampuan untuk melindungi permukaan bola mata. Produksi air mata yang menurun atau air mata mudah menguap dapat menyebabkan kurangnya jumlah air mata dan ketidakstabilan. Gamers harus menatap layar monitor dalam waktu lama, dan sering lupa berkedip yang dapat membuat mata menjadi kering. Menurut data yang dikeluarkan oleh Nielsen Consumer Media View pada Oktober 2019, kebanyakan gamers menghabiskan waktu hingga 7 jam per hari untuk bermain games.

 

Mengatasi gejala mata kering

Gejala mata kering yang sering dikeluhkan adalah  mata mudah merah, gatal dan kering pada mata, disertai perasaan/sensasi adanya benda asing (seperti berpasir) di mata, serta pandangan kabur/penglihatan buram. Berikut lima cara untuk mengatasi gejala mata kering:

 

1. Menggunakan tetes mata yang mengandung artificial tears (air mata buatan)  Tetes mata dengan kandungan artificial tears dapat membantu menggantikan fungsi air mata sebagai pelumas karena produksinya yang menurun atau terjadi penguapan yang terlalu cepat (salah satunya karena AC). INSTO Dry Eyes mengandung bahan aktif yang termasuk dalam golongan artificial tears yang efektif untuk mengatasi gejala mata kering.

 

2. Minum yang cukup

Dehidrasi ringan dapat membuat produksi air mata berkurang.sehingga membuat gejala mata kering semakin bertambah. Minumlah sedikitnya 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Tidak hanya untuk mata, rehidrasi juga penting untuk metabolisme tubuh secara keseluruhan.

 

3. Nutrisi omega-3

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 dapat membantu meredakan gejala mata kering. Nutrisi ini dapat ditemukan pada beberapa jenis ikan laut dalam seperti salmon, sardine  herring dan cod. Selain itu, omega-3 juga dapat dikonsumsi melalui suplemen, atau flaxseed oil.  

 

4. Kompres mata

Mata kering juga dapat diakibatkan oleh berkurangnya kandungan minyak (meibum) yang diproduksi oleh kelenjar meibom yang membuat tear film, lebih cepat menguap. Kompres air hangat pada mata dapat membantu membuka saluran kelenjar meibom (meibomian glands) yang berada di sepanjang tepi bulu mata  Cara lainnya melalui prosedur meibomian glands expression (MGE) yang hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis mata.

 

Selain beberapa cara ini, para gamers juga dapat melakukan istirahat sejenak dari permainannya secara reguler, dan jangan lupa untuk berkedip agar air mata dapat membasuh bola mata sehingga tidak kering.

 

Referensi:

Related