Image: 

Bukan Kacamata Biasa

 

Rekam kejadian menarik dengan kacamata plus kamera ini, lalu bagikan ceritanya di Snapchat.

 

Banyak kejadian sehari-hari yang kita lihat memang menarik untuk dibagikan dengan teman, bahkan orang lain di seluruh dunia. Dengan teknologi terbaru berupa kacamata dengan built-in kamera yang disebut Spectacles ini, kita tak perlu lagi mesti kehilangan momen. Tinggal bidik dan tekan tombol rekam, kita dapat langsung membagikannya di akun Snapchat. Mudah, kan?

 

Menyampaikan ‘cerita’ dari sudut pandang kita

Siapa yang tak kenal Snapchat? Aplikasi yang membuat penggunanya dapat membagikan foto dan video secara temporer (sementara) ini ternyata memiliki banyak penggemar. Snap Inc., perusahaan pembuat Snapchat, ingin memberikan keleluasaaan ‘bercerita’ bagi penggunannya dengan menghadirkan Spectacles yang dirilis pada bulan September 2016.

 

Spectacles adalah piranti perekam video dalam bentuk kacamata sunglasses yang terlihat begitu stylish. Spectacles dilengkapi dengan dua lensa di kanan dan kiri atas kacamata yang dapat menghasilkan video kualitas HD dengan sudut pandang seluas 115o. Dengan demikian, pengguna dapat merekam video 10 detik dengan sudut pandang persis seperti yang ia lihat dan langsung tersambungkan secara otomatis dengan aplikasi Snapchat.

 

Berbagai fitur yang memudahkan pengguna

Gadget yang kemudian menjadi populer di kalangan pengguna Snapchat ini memiliki berbagai fitur yang menarik. Berikut fitur utamanya:

1. Press. Play. Mudah digunakan, tinggal menekan tombol play di ujung kiri atas kacamata, maka kamera pun langsung aktif. Kamera dapat merekam video berdurasi 10 detik sebanyak 100 video.

2. You’re on. Spectacles dilengkapi LED berbentuk lingkaran di sekeliling kamera yang akan menyala kala merekam. Oleh karenanya, orang lain dapat melihat kapan kamera sedang ‘on’ atau ‘off’.

3. In Sync. Kamera melakukan penyelarasan secara otomatis dengan Snapchat, sehingga video yang direkam pun langsung tersimpan di memori akun Snapchat pengguna.

4. Ready to go. Spectacles dilengkapi dengan tempat kacamata yang berfungsi juga sebagai charger. Tempat kacamata ini dapat mengisi ulang bateri Spectacles sampai penuh sebanyak empat kali sebelum benar-benar habis.

 

Serunya, kacamata ‘ajaib’ ini tersedia dalam tiga pilihan warna keren yaitu black, teal dan coral. Harganya pun termasuk murah untuk gadget secanggih ini, yaitu sekitar US$ 129.99 (kurang lebih Rp1.750.000,-). Dengan fitur yang ditawarkan, tentunya harga ini amat sepadan. Di Amerika Serikat dan di beberapa tempat lainnya di dunia, Spectacles dapat dibeli di vending machine alias mesin penjual otomat bernama Snapbot.

 

Spectacles generasi terbaru

Saat ini tersebar berita bahwa Snap Inc. akan mengeluarkan Spectacles 2 (generasi kedua) dengan penambahan teknologi AR atau Augmented Reality. AR adalah teknologi yang membuat benda dua dimensi bergabung dengan tiga dimensi (maya) menggunakan serangkaian kode yang tersimpan dalam gambar atau barcode.

 

Kepopuleran Snapchat Spectacles juga membuat Insto terdorong untuk berkolaborasi dengan sineas Nia Dinata untuk membuat film pendek menggunakan piranti perekam ini.

 

Jaga selalu kesehatan mata

Asyik ber-Snapchat ria kadang membuat kita lupa bahwa mata pun dapat merasa lelah dan mengalami kekeringan. Ingat selalu untuk menjaga kesehatan mata dengan mengikuti cara-cara berikut:

1. Jauhkan diri dari gadget lalu tutup mata dan ambil nafas dalam-dalam melalui hidung. Tahan selama empat detik lalu buang nafas. Lanjutkan hingga 15 atau 30 detik dan lakukan beberapa kali sehari, untuk melancarkan peredaran darah ke mata.

2. Mata kering biasanya terjadi saat mata kekurangan pelembab, yang diperoleh dari air mata. Mata umumnya terasa gatal atau seperti ada sesuatu yang mengganjal. Walaupun terlihat sepele, berkedip ternyata cukup efektif menjaga mata tetap lembab.

3. Untuk menjaga kelembaban mata, gunakan cairan tetes mata seperti Tetes Mata Insto Dry Eyes yang mengandung bahan aktif dan efektif mengatasi mata kering. Di dalam botol bertutup biru ini juga terdapat bahan anti bakteri, untuk menekan risiko terjadinya iritasi mata.

Referensi:

Related