Image: 
7 tips Agar Tetap Nyaman Menjalin Silaturahmi Virtual

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diperpanjang hingga akhir Mei 2020 membuat kita tak bisa mudik atau pulang kampung untuk merayakan Lebaran bersama sanak saudara. Namun pemberlakuan PSBB ini niatnya baik, yaitu untuk mengendalikan penyebaran virus corona agar tak makin meluas, sehingga perlu kita dukung dengan tetap di rumah saja.

 

Instobuddy tidak perlu bersedih karena tidak bisa mudik, bukan berarti silaturahim yang biasanya dilakukan secara langsung kemudian tidak bisa kita lakukan. Walau kali ini harus diubah menjadi silaturahim virtual menggunakan ponsel. Teknologi yang berkembang pesat memudahkan kita untuk mengucapkan selamat hari raya atau bertukar kabar dengan kerabat dengan cara yang lebih praktis - tanpa mengurangi maknanya.

 

Meskipun dianggap ‘memudahkan hidup’ namun ponsel juga menyimpan bahaya tersembunyi, terutama jika tidak bijak menggunakan perangkat ini, salah satunya bisa memicu gangguan mata kering. Di Indonesia, prevalensi mata kering mencapai 30,6 persen dari jumlah penduduk (2017). Penggunaan gawai menjadi salah satu penyebab terbesar meningkatnya tren sindrom mata kering di Tanah Air.

 

Apa penyebab mata bisa menjadi kering? Mata kering terjadi ketika mata kekurangan cairan - disebabkan oleh air mata yang mudah menguap atau produksi air mata terlalu sedikit, yang ditandai dengan gejala mata sepet, sering berair, terasa gatal, mengganjal, mata merah, berasa berpasir, muncul kotoran mata hingga terasa lengket dan juga lebih peka terhadap cahaya.

 

Nah, agar silaturahmi virtual Instobuddy tidak terganggu oleh keluhan/gejala mata kering, berikut tips yang bisa kalian lakukan;

 

1. Sesuaikan jarak layar

Pastikan jarak yang cukup antara mata dan layar. Jarak pandang aman menggunakan ponsel adalah 30-40 cm dari mata. Hal ini sama dengan jarak pandang saat membaca buku. Atur posisi duduk anggota keluarga agar semua bisa terlihat dalam satu layar.

 

2.  Atur pencahayaan

Penting untuk mengatur cahaya, karena cahaya yang terlalu redup maupun terlalu terang dapat memicu masalah. Layar gawai terlalu redup akan memaksa mata ekstra fokus saat menatap layar sehingga mata terasa lelah. Sedangkan layar terlalu terang bisa membuat mata terasa perih karena iritasi.

 

3. Jaga kebersihan layar

Tentunya sebelum melakukan silaturahmi virtual, kebersihan layar perlu dipehatikan. Pemberlakukan PSBB membuat aktifitas kita didepan layar sangat tinggi pastinya. Usahakan layar ponsel tetap jernih dan bersih sehingga tidak mengganggu pandangan mata. Membersihkan layar ponsel bisa dilakukan dengan tisu lembut atau bahan lainnya.

 

4. Sering Berkedip

Berkedip merupakan hal otomatis. Namun ketika fokus menatap layar, proses alami ini kerap terlupakan. Bisa dibayangkan momen lebaran yang biasanya dilakukan dengan berkumpul bersama sanak saudara, kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda bisa membuat kita terlena bicara sambil menatap layar lama hingga lupa berkedip. Usahakan setiap 20 menit menatap layar, berpalinglah dan berkedip perlahan, seolah mengantuk. 

 

5. Istirahatkan mata

Setelah menatap ponsel selama 20 menit, usahakan untuk jeda sehingga mata dapat beristirahat sejenak. Buat daftar siapa-siapa saja yang akan kita hubungi dan diatur waktunya agar silaturahmi virtual tetap nyaman.

 

  1. . Konsumsi air dalam jumlah cukup

Asyik ngobrol depan layar, bersilaturahmi virtual namun jangan lupakan konsumsi air putih, karena kekurangan cairan berpengaruh terhadap produksi air mata, sehingga pastikan untuk mengonsumsi cairan dalam jumlah 8 gelas per hari.

 

 

  1. . Gunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan

Jika keluhan/gejala mata kering mulai melanda, gunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan yang digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala mata kering, dan meringankan iritasi mata karena kekurangan produksi air mata, misalnya Insto Dry Eyes. Cukup 1-2 tetes pada setiap mata, 3x sehari untuk mengatasi gejala mata keringJika keluhan/gejala mata kering tetap ada meskipun sudah melakukan sejumlah saran di atas, sebaiknya segera kunjungi dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Jika dibiarkan tak ditangani, sindrom mata kering bisa mengganggu kenyamanan terutama ketika harus sering bertemu virtual di tengah pandemi. Tentunya Instobuddy tidak menginginkan hal ini terjadi.

 

Selamat bersuka cita virtual di Hari Nan Fitri, Instobudd

 

Related