Image: 

Bermain video game merupakan kegiatan yang mengasyikkan apalagi saat ini sudah banyak perangkat canggih yang dapat memanjakan mata gamer dengan grafis yang sangat apik. Waktu berjam-jam yang dihabiskan menjadi tidak terasa ketika sedang asik bermain baik sendiri maupun bersama dengan teman. 

Hal ini tentunya menjadi buruk ketika waktu yang seharusnya digunakan untuk kegiatan yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti berolahraga dan istirahat, malah digunakan untuk bermain video game. Banyak akibat buruk dan penyakit yang akan timbul akibat terlalu lama terpaku pada layar video game.

Para gamer yang terlalu asik bermain game umumnya sering lupa pada hal tersebut dengan berbagai alasan. Salah satunya, terlalu lama menatap layar monitor atau smartphone saat bermain game bisa membuat mata kelelahan. Beberapa gejala dari penyakit yang sering timbul akibat menatap layar terlalu lama adalah sakit kepala, penglihatan kabur, sakit leher, kemerahan di mata, kelelahan, ketegangan mata, mata kering, iritasi mata, penglihatan ganda, vertigo / pusing, polyopia, dan kesulitan dalam memusatkan perhatian mata. 

Gejala-gejala ini dapat lebih diperburuk oleh kondisi pencahayaan yang tidak benar. Misalnya cahaya monitor yang terlalu silau atau udara bergerak menuju mata yang disebabkan oleh posisi penempatan kipas angin atau AC.

Untuk mengurangi kerusakan mata saat bermain game, usahakan untuk jangan bermain di ruangan yang gelap. Berilah ruang bermain kamu cahaya yang cukup dan aturlah posisi bermain kamu Selain itu, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata kamu tiap 30 menit. Mengucek kedua mata dengan tangan yang kotor juga bisa membuat mata iritasi dan terinfeksi oleh bakteri. Apalagi layar smartphone yang juga tidak luput dengan sarang kuman dimana bisa menjadi faktor penyebab penyebaran infeksi.

Selain itu, pastikan  sedia Insto Dry Eyes untuk mengatasi gejala mata kering seperti mata sepet, mata pegel dan mata perih. Jangan sampai bermain video game secara berlebihan dapat merugikan dan bikin kalian jadi loser! Perhatikan waktu bermain dan kebersihan diri kalian ya! Oh ya Insobuddy, mau yang lebih menarik dari main video game? Yuk, ikutan Lyric Battle di https://insto.co.id/dryeyeducation/. Menangkan hadiah total puluhan juta rupiah buat kamu yang liriknya paling seru dan catchy!

Sumber:

Related