Image: 

Kesehatan mata penting untuk menjadi perhatian para gamers. Terutama posisi dan jarak pandang mata ke layar monitor atau smartphone, jika salah diterapkan juga dapat menyebabkan gejala mata kering.

 

 Sejak 2019, INSTO telah mencanangkan kampanye INSTO Dry Eyeducation dan mendukung Piala Presiden E-sport 2020 sebagai official eye drop.

 

Pentingnya ergonomi bagi gamers

Para gamers menghabiskan cukup banyak waktu di depan layar monitor saat bermain atau sekadar menonton.. Saking fokusnya bermain, kadang tanpa disadari, gamers luput memerhatikan posisi layar maupun jarak mata ke layar laptop, komputer, maupun smartphone dengan benar. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan, seperti pegal di leher, pusing kepala, atau gangguan pada mata, yakni mata kering.

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia dapat mengatur peralatan kerja atau lingkungannya agar ia dapat bekerja secara optimal. Jika diterapkan dengan benar, ilmu ergonomi dapat menghindari para gamers dari gangguan kesehatan.

 

Atur jarak pandang dan posisi monitor/layar Anda

Saat ini, kita sudah bisa mengatur jarak, kekuatan cahaya, bahkan besar kecilnya teks di monitor. Selain itu, dengan mengatur posisi monitor komputer/laptop, atau jarak mata ke layar smartphone, Anda dapat menjaga kesehatan maupun kenyamanan mata, leher, maupun kepala. Berikut panduannya:

 

1. Jarak ke layar

Komputer atau laptop merupakan gawai yang paling sering digunakan untuk bermain games. Beri jarak 50 cm (20 inch) dari mata. Semakin besar ukuran monitor, Anda perlu menambah jarak sekitar 10 cm.

 

2. Posisi layar

Untuk menghindari mata membuka terlalu lebar dan menyebabkan gejala mata kering, letakkan monitor dengan tepat. Gunakan kursi yang dapat menyangga tulang punggung dengan nyaman.  

 

3. Smartphone

Menurut para ahli, jarak sehat mata untuk melihat layar smartphone antara 41-46 cm. Coba terapkan aturan 20-20-20 (istirahat setiap 20 menit, 20 detik melihat benda yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 m). Ini sangat membantu agar mata tidak cepat kering.

 

Jika terjadi gejala mata kering, gunakan INSTO Dry Eyes yang digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala mata kering, dan meringankan iritasi mata karena kekurangan produksi air mata [CN1] 

 

Referensi:

Related