Image: 
insto Revitalize to Refresh

Sensitivitas pada mata sama halnya dengan kulit yang rentan tertular penyakit. Bakteri dan virus yang menjamur di lingkungan menjadi salah satu penyebab utama timbulnya penyakit. Terlalu sering menggosok mata, selain dapat melukai selaput lendir mata, dapat juga menjadi media masuknya bakteri dan virus ke dalam mata.

Hal ini menyebabkan mata menjadi iritasi kemudian memerah. Selain itu, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik, misalnya terlalu sering di depan gadget dapat membuat mata menjadi lelah dan juga mengakibatkan iritasi pada mata.

Gangguan mata bisa mengganggu tingkat kepercayaan diri yang dapat menghambat jalannya aktivitas sehari-hari. Untuk itu, kamu perlu mengaplikasikan beberapa kiat khusus untuk kembali mencerahkan dan menyegarkan mata kembali.

 

1. Duduk dan relax

Dengan meluangkan waktu sebentar untuk beristirahat, kamu sudah membantu kinerja metabolisme tubuh untuk memulihkannya dalam keadaan fit. Istirahatkan juga mata kamu dengan menutup mata kemudian lakukan gerakan relaksasi mata :

- Gerakkan bola mata ke arah jam 12 dan memutarnya searah jarum jam kemudian ke arah sebaliknya.

- Setelah itu tahan posisi mata pada arah jam 12, jam 6, jam 9 dan jam 3 masing-masing selama 2 detik. Lakukan dengan perlahan dan ulangi sebanyak 3 kali.

- Terakhir gerakkan mata ke kiri dank e kanan secara perlahan.

 

2. Suplemen ginkgo biloba

Suplemen herbal yang mengandung ginkgo biloba dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak retina mata bersamaan membantu melancarkan peredaran darah mata. Mengkonsumsi suplemen yang mengandung ginkgo biloba dapat meningkatkan kemampuan melihat yang baik dalam jangka panjang.

 

3. Olahraga teratur

Melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar kalori yang berlebih sehingga mencegah kita menderita kelebihan berat badan yang dapat memicu timbulnya penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol tinggi dan hipertensi.

Penyakit-penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit glaucoma (peningkatan tekanan bola mata) dan katarak. Dengan melakukan olahraga jogging selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu, kamu dapat terhindar dari risiko terkena penyakit kronis tersebut.

 

4. Konsumsi makanan yang kaya vitamin A, C dan E

Memberikan asupan vitamin yang tepat untuk kesehatan mata juga menjadi faktor penentu kesehatan dalam jangka panjang. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti wortel, minyak ikan, buah jeruk, apel, beri, serta kacang-kacangan untuk menghidari gangguan mata yang berkepanjangan.

 

Masih banyak lagi yang dapat kamu lakukan untuk mencegah gangguan mata. Selain rutin memberikan asupan vitamin, perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan dari luar. Seperti halnya kulit yang membutuhkan lotion agar tetap lembab, mata juga butuh pelembab atau tetes mata agar tidak kering dan tidak mudah terkena iritasi. Salah satu tetes mata yang terkenal di Indonesia adalah Insto Moist. Kemasan mungil transparan dengan ukuran 7,5 ml sangat bersahabat dengan ukuran kantongmu . Ke manapun dan kapanpun, kamu dapat menjaga kesegaran mata dengan sesekali meneteskannya sesuai petunjuk penggunaan.

Quick fact

Dari semua otot dalam tubuh, otot-otot mata adalah otot yang paling aktif

Related