Image: 

Saat musim liburan tiba, berbagai pusat perbelanjaan selalu menggelar midnight sale atau diskon besar-besaran. Pergelaran midnight sale memang selalu mengiringi momen-momen khusus, mulai dari hari raya Lebaran, Imlek, Hari Raya Natal, Tahun Baru, dan momen lainnya. Bagi yang hobi belanja, gelaran midnight sale tentu jadi target wajib yang tidak bisa dilewatkan. Berbagai pusat perbelanjaan mengadakan diskon besar-besaran untuk berbelanja hingga tengah malam dan hampir semua masyarakat memanfaatkan momen tersebut dengan berbondong-bondong mengunjungi mall dan memborong barang belanjaan yang diskon.

Nah, agar bisa hemat dan mendapatkan untung lebih, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan ketika ingin berbelanja saat midnight sale:

 

1. Datang lebih awal

Saat berada dalam kondisi buru-buru biasanya orang akan sulit untuk berpikir jernih. Hal ini pun sering terjadi ketika mengikuti gelaran diskon midnight sale. Namun, untuk menghindarinya cukup mudah. Sebuah gelaran diskon belanja di malam hari ini biasanya dimulai pukul 11 malam. Di jam tersebut, pasti ramai dengan pengunjung yang berebut atau mengantri di ruang pas. Agar kita tidak terjebak antrian dan berakhirnya sesi gelaran diskon belanja yang dilakukan, upayakan untuk datang paling awal sehingga kita bisa mendapatkan barang incaran tanpa terburu-buru. Jadi, saat lonceng waktu belanja dimulai, kita tinggal berlari ke kasir.

 

2. Sudah punya target barang yang ingin dibeli

Hal yang menarik saat pada gelaran belanja ini adalah potongan harga yang terkadang bisa mencapai 80%. Semula, kita akan berpikir jika belanja akan jadi lebih hemat. Namun, kenyataan yang terjadi justru kita kalap belanja dan membeli barang-barang yang sebenarnya belum atau tidak terlalu kita butuhkan. Tak jarang karena melihat barang bagus dengan harga murah kita relakan untuk membeli menggunakan kartu kredit. Padahal, untuk membayarnya nanti jelas kita akan kesulitan. Karena itu hindari masalah klasik ini dengan menyiapkan daftar barang belanjaan. Tuliskan apa saja barang yang benar-benar ingin dibeli dan diperlukan, serta patuhi daftar yang sudah dibuat tersebut. Dengan cara ini, kita tidak lagi tergoda untuk belanja barang-barang di luar kebutuhan kita meskipun harga yang ditawarkan sangat menggiurkan.

 

3. Belanja pakai uang cash, bukan kartu kredit

Pakai cash saja saat belanja di midnight sale (Pixabay) Bertransaksi menggunakan kartu kredit memang sangat mudah, tinggal gesek, transaksi selesai! Tapi nyatanya, kemudahan itu justru bikin kita makin impulsif. Ketika kamu pergi ke midnight sale, lalu banyak barang yang kamu inginkan padahal duit kamu kurang, tanpa pikir panjang kamu bertransaksi pakai kartu kredit deh, sampai-sampai gak ingat batasan bujet. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kamu tinggalkan kartu kreditmu di rumah. Bawa saja uang cash dengan jumlah sesuai anggaranmu.

 

Yang terakhir dan tak kalah penting, jangan lupa tetap jaga mata kalian selama “berburu” barang diskon, Instobuddy. Karena seperti yang kita tahu, berada di mall yang ber-AC selama beberapa jam dapat membuat kamu terkena gejala mata kering. Pastikan Insto Dry Eyes ada di dalam tas kamu untuk mengatasi gejala mata kering seperti mata sepet, mata pegel dan mata perih. Belanja makin seru dan untung!

 

Sumber:

https://www.moneysmart.id/tips-belanja-hemat-di-midnight-sale/

https://www.cermati.com/artikel/tips-hemat-belanja-saat-midnight-sale

https://www.cekaja.com/info/tip-hemat-saat-belanja-di-midnight-sale/

 

 

 

 

 

Related